. Sejarah Web Dan Web Science - Berbagi Pengetahuan

Sejarah Web Dan Web Science

Tugas Softskill



Assalamu’alaikum…

Gimana kabarnya nih sahabat blogger sekalian ? insya allah pada baik kan.. ?

            Sudah lama banget saya tidak memposting sebuah artikel nih (padahal baru seminggu.. :P) Cuma udah kaya 1 bulan.. hehehee.. dikarnakan tugas saya yang begitu menumpuk (yah maklum anak kuliahan rajin.. hehehe.. ) . oh iya saya ingin berbagi sedikit nih Tentang Tugas Softskill saya yang saya upload diBlog ini membentuk 2 Buah Artikel yang terpisah, untuk artikel yang pertama tentang pengetahuan Web Science dan Sejarah Web Pertama kali itu apa.. nah untuk artikel yang kedua itu tentang Arsitektur Web dan ApplikasiUtama-nya..

            Ke-dua Artikel tersebut dibuat oleh sahabat-sahabat saya dan saya juga ^^, dengan bersumber dari bermacam-macam sumber yang tersirat didalamnya, lalu kami jadikan satu dan membentuklah sebuah artikel ini . Dan Grup kami ini pun terdiri dari :

1. Ayu Amizah                                   ( 51411317 )
2. Mahdhika Juliansyah                   ( 54411246 )
3. Muhammad Faris Al Fatih          ( 54411827 )
4. Rachman Aji Putra Kusumaa     ( 58411572 )
5. Tio Pratama Agung                      ( 57411119 )


            oke langsung saja ya kita mengenal Web/Website Lewat Sejarahnya dulu..

Sejarah Web

            Pada tahun 1980, Tim Bernes-Lee , kontraktor independen di Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN), Swiss , dibangun Enquire , sebagai database pribadi orang dan model perangkat lunak, tetapi juga sebagai cara untuk bermain dengan hypertext. Setiap halaman baru informasi dalam Enquire harus terhubung dengan halaman yang ada.

            Pada tahun 1984 Berners-Lee kembali ke CERN, dan dianggap permasalahannya presentasi informasi: fisikawan dari seluruh dunia diperlukan untuk berbagi data, dan tanpa mesin umum dan tidak ada perangkat lunak presentasi umum. Dia menulis sebuah proposal Maret 1989 untuk "database hypertext besar dengan link diketik", tapi itu dihasilkan bunga kecil. Bosnya, Mike Sendall, mendorong Berners-Lee untuk mulai menerapkan sistemnya pada suatu yang baru diperoleh NeXT workstation. Ia menilai beberapa nama, termasuk Mesh Informasi, Tambang Informasi (ditolak karena abbreviates ke TIM, pencipta nama WWW).

 1.    Pre Web (Memex, Usenet, Gopher, Ftp, Internet)

Pre web adalah dimana sebelum muncul’a web 1.0, berikut ini contoh dari pre-web:

·         The memex (sebuah singkatan dari "memori" dan "index") adalah nama hipotetis proto-hypertext sistem yang Vannevar Bush jelaskan pada tahun 1945 pada artikel bulanan The Atlantic " As We May Think "(AWMT). Bush membayangkan memex sebagai perangkat di mana individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan komunikasi, "mekanis sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi kecepatan dan fleksibilitas." The memex akan memberikan "suplemen intim yang diperbesar ke memori seseorang". Konsep memex mempengaruhi perkembangan awal hypertext sistem (akhirnya mengarah ke penciptaan World Wide Web ) dan basis pengetahuan personal software.

 ·         Usenet (User Network) Sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama. Di dalamnya ditampilkan berbagai atikel yang disebut News dalam berbagai topik dan kategori..

·         Gopher merupakan TCP / IP Application layer protokol yang didesain fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protocol Gopher melalui internet.

·         File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.
  
          2.    Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0

            Web 1.0 masih mengandalkan halaman statis dari tag-tag HTML sehingga pengunjung hanya dapat mencari sesuatu atau yang sering disebut “searching” , dan melihat-lihat “browsing” informasi-informasi yang ada pada web, kita juga tidak dapat memberi komentar apa- apa, karna web 0.1 tidak mendukung aplikasi tersebut, dan jika kita ingin mendapatkan informasi dari web yang inginkan kita kunjungi, user harus datang ke web tersebut. elemen yang biasa digunakan dalam Web 1.0 adalah: Halaman statis, Tombol GIF dan Framesets.

      Web 2.0 muncul sekitar tahun 2003 atau 2004, dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya. Pada Web 2.0, sebagai pengunjung Anda dapat melakukan kontribusi dan memiliki hak untuk read-write, di mana Anda dapat berperan aktif pada website tersebut. Istilah “sharing” mulai umum digunakan dalam konsep Web 2.0. Web 2.0 merupakan revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, juga merupakan suatu percobaan untuk memahami aturan untuk mencapai keberhasilan platform baru.

            Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Web 3.0 berhubungan dengan konsep Web semantik, yang memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses oleh agen-agen software. Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam situs-situs Web. Web 3.0 terdiri dari:

·         Web semantik
·         Format mikro
·         Pencarian dalam bahasa pengguna
·         Penyimpanan data dalam jumlah besar
·         Pembelajaran lewat mesin
·         Agen rekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan buatan Web

Web Science

            Web Science adalah yang bermakna 2 arti yang berbeda, yaitu Web dan ScienceWeb, biasa dikenal dengan Website, siapa sih yang ga kenal zaman sekarang yang namanya Website ? saya yakin zaman sekarang sudah banyak orang yang mengenal yang namanya Website ini . namun, taukah kalian apakah Website atau Situs itu ? Website atau Situs yang sering kalian gunakan itu mempunyai arti kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

            Website pun juga mempunyai 2 sifat yang terkandung didalamnya, yaitu Sifat Statis, dan Sifat Dinamis.

            Sifat Statis disini maksudnya adalah apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. dan pengembangannya Website Statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja

            Dan Bersifat Dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dan Dalam pengembangannya Website Dinamis Bisa di Update Pengguna Dan Pemiliknya..

            Nah, sekarang tinggal mengartikan apa itu Science ? kalo dari arti sesungguhnya Science itu adalah Ilmu. maksudnya, Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.

            Oke deh.. kalian udah ngerti kan apa itu Web Science ? kalo belum ngerti oke deh saya kasih kesimpulannya.. Kesimpulan Web Science yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.
  
Metodologi Web Science

          Dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.

           Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi. Sehingga akan mengkombinasikan sintesis dan analisis. Mempertimbangkan perkembangan Web yang membawa ke sisi positif (seperti Peer to Peer) ataupun ke arah negatif (seperti phishing). Kontribusi terhadap pengembangan adalah tujuan utama dari Web Science.Adanya web science menekankan pada perkembangan Web itu sendiri dan pengembangannya,mendukung untuk ubiquity, mobility, new media dan meningkatnya jumlah data yang tersedia secara online, karena web bersifat sosial, maka privasi harus dikedepankan.

         Gimana Sahabat Blogger ? sekarang udah tau dong Apa sebenernya Web Science itu ? dan Sejarah Web pertama kali itu seperti apa ? kalo sahabat blogger sudah mengerti saatnya saya mengakhiri Artikel tentang Web Science dan Sejarah Web ya.. oh iya.. jangan lewatkan juga ya lanjutan dari Artikel ini, tentang Arsitektur Web dan Aplikasi Utama-nya.. dan sahabat Blogger Bisa Membacanya Disini

Sekian dan Terima kasih untuk semuanya.. semoga bermanfaat yah.. ^^

Wassalamu’alaikum…

Arsitektur Web & Aplikasi Utama

Jika Menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email sobat. Akan dapat Update artikel dari blog ini, "GRATISS!!"

1 Response to "Sejarah Web Dan Web Science"

  1. artikel yang bagus, jangan lupa mampir untuk bermain
    Judi Online Lotere KENO Opus Gaming
    Pilihan permainan tebak angka dengan berbagai pilihan odds menarik secara LIVE

    ReplyDelete