. Sejarah dan Penjelasan Tentang Software Modo Untuk Modelling 3 Dimensi - Berbagi Pengetahuan

Sejarah dan Penjelasan Tentang Software Modo Untuk Modelling 3 Dimensi

Tugas Softskill


Assalamu’alaikum..

            Dalam pembahasan kali ini saya ingin membahas tentang salah satu software modelling design, yaitu MODO. Memang software 3d Modelling ini terdengar awam untuk orang yang bukan memilih design, namun tak disangka pengguna MODO ini telah banyak di Indonesia. Oke langsung saja ya disimak :

Sedikit sejarah Modo

            Modo adalah software yang bergerak dalam bidang animasi 3 dimensi. Pertama kali modo 101 keluar pada tahun 2001. Modo tersebut walnya dikembangkan pada platform Amiga dan dibundel dengan Amiga berbasis workstation Video Toaster yang populer di studio televisi di akhir 1980-an dan awal 1990-an . Mereka berbasis di Mountain View, California.

            Setelah lebih dari tiga tahun pembangunan, akhirnya modo 201 pra-diumumkan pada tahun 2005. Banyak fitur baru termasuk kemampuan untuk melukis di 3D (Brush, BodyPaint 3D), multi-layer tekstur blending, seperti yang terlihat di Lightwave, dan, yang paling penting, solusi render yang menjanjikan shading fisik berbasis rendering, lensa yang sangat bagus. Dan akhirnya modo 201 benar-benar dirilis pada 24 Mei 2006.

            Modo 201 adalah pemenang dari Apple Design Awards untuk Best Use of Mac OS X Graphics untuk tahun 2006. Pada bulan Oktober 2006, modo juga memenangkan "Best 3D / Animasi Software" dari majalah MacUser. Pada bulan Januari 2007, modo memenangkan Game Developer Frontline Award untuk "Seni Alat Terbaik".

            Modo 202 dirilis pada tanggal 1 Agustus 2006. Pada bulan Maret 2007, Luxology dirilis modo 203 sebagai update gratis. Ini termasuk alat editing UV baru, rendering lebih cepat dan DXF penerjemah baru.

            Modo 301 dirilis pada tanggal 10 September 2007 menambahkan animasi dan patung untuk toolset nya. Alat animasi mencakup kemampuan untuk menghidupkan kamera, lampu, morphs dan geometri serta mampu mengimpor .mdd file.

            Modo 302, dirilis pada tanggal 3 April 2008 dengan beberapa update tool, modo 302 adalah upgrade gratis bagi pengguna yang ada.

            Modo 401 dirilis pada tanggal 18 Juni 2009. Rilis ini memiliki banyak animasi dan perangkat render dan baru tersedia di 64-bit Windows. Pada tanggal 6 Oktober 2009, modo 401 SP2 dirilis dan diikuti oleh modo 401 SP3 pada 26 Januari 2010 dan SP5 pada 14 Juli tahun yang sama.

            Modo 501 dirilis pada tanggal 15 Desember 2010. Versi ini adalah yang pertama untuk berjalan pada 64-bit Mac OS X. Ini berisi dukungan untuk Pixar Subbagian Permukaan, lebih cepat rendering dan editor koneksi visual untuk menciptakan rig animasi yang dapat digunakan kembali.

            Modo 601 dirilis pada 29 Februari 2012. Ini adalah versi saat ini dan menawarkan alat tambahan karakter animasi, dinamika, sistem tujuan umum deformers, dukungan untuk pemodelan retopology dan berbagai perangkat tambahan render.


            Modo memungkinkan seniman untuk memilih "pivot point" dari alat atau tindakan secara realtime hanya dengan mengklik suatu tempat. Dengan demikian, modo menghindari membuat object terpisah "menyesuaikan pivot point" mode. Selain itu, object  dapat memberitahu modo untuk mendapatkan orientasi sumbu alat itu dari yang dipilih atau diklik pada elemen, melewati kebutuhan untuk terpisah "menyesuaikan alat axis" mode.

Mesh Pertimbangan

            Modo dapat mengimpor beberapa format file . Memilih yang tepat , mengingat situasi, sangat penting untuk membuat Anda mendapatkan hasil yang tepat . Ketiga format file yang akan dibahas adalah OBJ , FBX dan Collada . Masing-masing beroperasi secara berbeda tergantung pada situasi dan akan diuji dengan geometr. Karena model yang diimpor adalah sangat rinci , memiliki beberapa tingkat kompleksitas.

Foto-realistis Rendering







 







            Anda akan menggunakan penciptaan preset materi baru untuk digunakan kembali kemudian dan menggunakan reflektor untuk menerangi dan meningkatkan tampilan model Anda . ( Sangat mirip dengan fotografi set langsung ) Banyak Render Output yang kemudian di After Effects .

            Renderer
 modo adalah sinar-pelacak berbasis fisik. Ini termasuk fitur seperti caustic, dispersi, render stereoskopik, efek fresnel, hamburan bawah permukaan, refraksi kabur (misalnya kaca buram), pencahayaan volumetrik (smokey efek bar), dan Pixar-dipatenkan Jauh Shadows.

Fitur Untuk Modelling

1. Mesh Instancing
2. Mesh Paint Tool
3. Solid Sketch
4. Edge Slide
5. Polygon Reduction Tool
6. Reference Layers
7. Sketch Bevel
8. Loop Slice
9. Flex tool (for mesh posing)
10. Retopology modeling
11. N-Gon SDS
12. 1-Click Macro Recording
13. LUA, and/or Perl; Scripting Engines
14. Bridge Tool
15. High-Speed OpenGL Navigation
16. Extensive Falloff System Including Path and Lasso
17. Complete Input Remapping of Mouse and Keyboard
18. Smooth UV Interpolation on SDS Meshes
19. Soft and lazy selections
20. Tool Pipe – tool customization

Fitur Untuk Sculpting

1. Multi-Res sculpting based on Pixar Subdivision surfaces
2. Mesh-based sculpting
3. Image-based sculpting
4. Push tool
5. Smooth tool
6. Carve tool
7. Flatten tool
8. Fold tool
9. Inflate tool
10. Smudge tool
11. Move tool
12. Tangent Pinch tool
13. Spin tool
14. Emboss tool
15. Image ink (sculpt with image)
16. Brushes and brush editor/browser
17. Spline-based strokes are supported

            Modo tidak dianggap sebagai sistem animasi karakter sejati, namun memiliki banyak kemampuan animasi.

1. Bernyawa hampir sifat setiap item (geometri, kamera, lampu)
2. Editor grafik dengan kurva manipulasi animasi
3. deformers Layerable
4. Sistem waktu frame, detik, SMPTE atau kode Film
5. Morph Target animasi
6. Membaca file MDD dari sistem animasi lainnya
7. track View
8. Kinematika seluruh bagian
9. saluran menghubungkan
10. pengubah saluran

 dan sekarang modo mengeluarkan versi terbarunya, yaitu modo 801.

            Mungkin itu saja pembahasan Modo 3D Modelling, apabila ada kata yang salah an kurang berkenan mohon dimaafkan. Terima kasih. ^^

Wassalamu’alaikum..




Baca Selengkapnya Disini

Jika Menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email sobat. Akan dapat Update artikel dari blog ini, "GRATISS!!"

3 Responses to "Sejarah dan Penjelasan Tentang Software Modo Untuk Modelling 3 Dimensi"

  1. bisa dicoba tuh software modonya . btw softwarenya freeware atau berbayar. kungin balik ya Ahmad sites
    ahmadnotes

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin masih trial gan,

      sudah di kunjungi balik, thanks buat kunjungannya ^^

      Delete
  2. mahal gan yang ori 12jt

    ReplyDelete