Pengenalan, AI, Jenis Game dan ESRB Pada Teknologi Game
Dalam pembahasan kali ini, saya ingin Berbagi Pengetahuan
Seputar tentang Teknologi Game. Pastinya
sobat semua pernah dong bermain game.. yaps entah game tersebut berasal dari
web, atau pada desktop, yang penting intinya adalah Game. Lalu taukah sobat ? Sebenarnya
apa sih Teknologi Game itu ?
Oke
dari pada penasaran, saya coba jelaskan apa itu Teknologi Game sebenarnya menurut referensi yang saya kumpulkan.
Langsung saja ya disimak.. :
Pengenalan Game
Teori
game atau permainan adalah suatu cara belajar yang digunakan dalam menganalisa
interaksi antara sejumlah pemain maupun perorangan yang menunjukkan
strategi-strategi yang rasional. Teori permainan pertama kali ditemukan oleh
sekelompok ahli Matematika pada tahun 1944.
Teori itu dikemukakan oleh John von
Neumann and Oskar Morgenstern.
Lalu kata
Mereka :
"Permainan
terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua
sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk
memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan.
Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain,
sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan
sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.”
Game
komputer dibuat oleh satu atau beberapa pengembang game, biasanya bersama
dengan spesialis lainnya (seperti game artists) dan dipublikasikan baik secara
sendiri atau melalui penerbit pihak ketiga. Mereka kemudian mendistribusikan
pada media fisik seperti DVD dan CD, atau dapat didistribusikan secara bebas
melalui internet, software, atau melalui jasa pengiriman online seperti
Direct2Drive dan Steam.
Game
komputer membutuhkan hardware khusus di komputer pengguna untuk bermain,
seperti generasi spesifik unit pemrosesan grafik atau koneksi internet untuk
bermain online, meskipun persyaratan sistem ini bermacam-macam pada setiap
game. Permainan komputer telah berevolusi dari sistem grafis sederhana sampai
menjadi kompleks dan mutakhir. Namun, pasar permainan komputer di Amerika
Serikat mulai menurun sejak tahun 1999.
Lalu
menurut saya Teknologi game tersebut adalah sarana yang di perlukan untuk
hiburan manusia agar manusia tersebut akan menjadi enjoy dengan Game yang
dimainkannya dengan cara dibuat dengan teknik dan metode animasi.
Istilah Yang Digunakan Dalam
Mengartikan Game :
1. Board
Games (Permainan Papan)
Game
pada katagori ini membutuhkan suatu papan yang terbagi dalam sektor-sektor
tertentu (dengan garis-garis) dan didalamnya terdapat sejumlah alat main yang
dapat digerakkan. Termasuk dalam katagori ini adalah catur.
2. Card
Games (Permainan Kartu)
Games
ini akan memanfaatkan simbol dari 52 kartu yang terbagi dalam dua faktor : suit (4 nilai) dan rank (13 nilai). Permainan akan dilakukan sekitar bagaimana membuat
kombinasi dari 52 kartu tersebut.
3. Athletic Games (Permainan Atletik)
Permainan
games jenis ini lebih cenderung pada penggunaan fisik dari pada mental. Aturan
game dibuat dengan keharusan pemain untuk melakukan sejumlah aksi tertentu.
4. Children Games (Permainan Anak)
Aktifitas
seperti berlari, sembunyi, melempar dan menangkap adalah menjadi ciri utama
game anak-anak. Umumnya game ini menekankan pada aktifitas kelompok sebagai
latihan untuk berkehidupan social.
5. Computer Games (Permainan Komputer)
Game
ini dimainkan lewat bantuan alat komputer. Terdapat 5 alat yang dapat
dikategorikan sebagai komputer, yaitu :
* Expensive dedicated machine, dioperasikan
dengan koin untuk memainkannya
* Inexpensive dedicated machine, disebut
juga dengan hand held machine.
* Multiprogram home, seperti Nintendo
termasuk dalam kelompok komputer ini.
* Personal computer
* Mainframe computer
Jenis-Jenis Game
1. Fun
Games :
Permainannya
seperti skate board, bilyard, catur, puzzle, tetris, golf, Windows
Entertainment Pack Games dan semua permainan yang animasinya sedikit dan
pembuatannya relatif mudah. Permainan semacam ini terlihat mudah dari segi
grafiknya tetapi biasanya sulit dalam algoritma.
2. Arcade
Games :
Semua
permainan yang mudah dimengerti, menyenangkan dan grafiknya bagus walau
biasanya sederhana. Pengertian mudah dimengerti dan menyenangkan dikarenakan
permainan ini hanyalah berkisar pada hal-hal yang disenangi umum seperti pukul
memukul, tembak menembak, tusuk menusuk, kejar mengejar dan semua yang mudah
dan menyenangkan.
Yang
termasuk kedalam permainan jenis ini adalah Prince of Persia, Street Fighter,
Golden Axe, Grand Prix, Robocop.
3. Strategic
Games :
Biasanya
permainan strategi perang atau bisa juga permainan lain tetapi tetap saja
memerlukan strategi untuk memenangkannya seperti startegi bisnis dan strategi
politik.
4. Adventure
Games :
Terbagi
atas tiga macam yaitu petualangan biasa (Multi Layered Adventur),
Dungeon-Underworld Adventure (3D Adventure) dan Roll Playing Game Adventure. Grafik
jenis permainan ini benar-benar sulit. Contoh beberapa permainan jenis ini
adalah Space Quest IV, Labyrinth of Word, War II dan Diablo.
5. Simulation
Games :
Dari
semua jenis permainan yang ada, masing-masing memiliki tingkat kesulitan dan
kemudahannya, jika bukan algoritmanya maka akan mudah dalam hal animasinya,
akan tetapi games simulasi bisa disebut sebagai jenis permainan yang paling
sulit, baik algoritma pembuatannya maupun animasinya. Permainan jenis ini juga
yang paling membuat pusing dibandingkan dengan permainan jenis lainnya.
Algoritmanya
sangat sulit sebab harus memperhitungkan semua kejadian dalam kondisi
sebenarnya. Berbagai efek animasi yang dibuat tidak cukup bermodalkan ahli
grafik dan algoritma saja, tetapi sedikitnya harus mengerti persoalan
matematika, teknik dan fisika. Contoh permainan jenis ini adalah Stellar7, F-15
Strike Eagle, Flight Simulator 98, F-14 Tomcat, F-16 Falcon, Jet Fighter.
Artificial Intelligence (AI)
Di Perlukan !!
Salah
satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan.
Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami
mungkin layaknya manusia.
Game AI adalah aplikasi untuk
memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun
karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut
bermain.
Peranan
kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada
penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia
untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah :
- Penglihatan (vision)
- Suara (voice), ucapan (speech)
- Gerakan anggota badan ( gesture)
Apa Itu ESRB Entertainment
Software Rating Board ?
Setiap
judul game yang bisa dimainkan pada komputer, online, ataupun game seperti
mesin ding-dong dan lain-lain tidak semerta-merta boleh dimainkan oleh siapa
saja terutama anak-anak. Ada lembaga independen khusus yang menilai apakah
layak suatu game dimainkan oleh oleh anak,
ABG, remaja, dan lain sebagainya. Untuk melihat rate penilaian suatu
game video games, dapat dilihat di website www.esrb.com
untuk yang valid.
ESRB atau Entertainment Software Rating
Board adalah sebuah organisasi mandiri yang menetapkan sebuah regulator
seperti menetapkan regulasi pemberian umur dan konten pada sebuah game atau
software. Tentu saja regulasi ini memaksa sebuah industri game untuk mengadopsi
panduan advertising dan bertanggung jawab untuk prinsip online privacy untuk
komputer, video game dan software yang lain di wilayah Amerika Serikat dan
Kanada.
ESRB
sendiri didirikan pada tahun 1994 oleh Entertainment Software Associaton (ESA)
yang sebelumnya bernama Interactive Digital Software Associaton (IDSA).
Bersambung…….
Mungkin itu saja dulu, Berbagi Pengetahuan tentang Pengenalan, AI, Jenis Game dan ESRB Pada
Teknologi Game. mohon maaf apabila ada kata kata yang salah dan kurang
berkenan. Semoga bermanfaat. Terima kasih… tunggu artikel kelanjutannya ya… ^^
Wassalamu’alaikum…
nyimak gan,, ane baru tau istilah2nya.. komen balik ya gan >> http://www.info-kitaku.blogspot.com/
ReplyDeleteoke gan silahkan disimak.. langsung menuju TKP.. :D
Deleteterima kasih atas kunjungannya ya.. ^^