. Cara Melanjutkan/Resume Download File Karena Server Error Pada Internet Download Manager - Berbagi Pengetahuan

Cara Melanjutkan/Resume Download File Karena Server Error Pada Internet Download Manager

Assalamu’alaikum…

            Pernahkah sobat download file yang beratus-ratus MB atau berpuluh-puluh MB tapi tiba tiba terputus koneksinya dan tidak bisa lagi ketika di resume ? entah karna server error atau apalah, pastinya kesel banget tuh… saya juga pernah ngerasain hal seperti itu, apalagi udah 80% hampir selesai download-nya, rasanya tuh sesuatu banget, hihihi.. :D

            Nah dalam pembahasan kali ini, saya ingin sharing ilmu saja nih pada sobat semua agar tidak terjadi kekesalan saat download-an kita terputus, server error  dan tidak bisa di resume lagi. Oke langsung saja ya disimak.. :

1.         Pastinya sobat buka dulu Kotak dialog Internet Download Manager-nya (IDM). Biasanya gambar IDM terletak di bawah pojok layar. Atau di Desktop . Gambarnya seperti :


2.         Setelah Tampilan IDM terbuka, cari file yang sobat ingin Resume Download-nya, caranya klik kanan pada file tersebut – lalu akan muncul tampilan “File Properties”. Lihat pada file propertiesAddressblok semua URL-nya dan Copy (ctrl+c) – klik saja OK pada “file Properties”. dan Pastekan pada kotak URL browser sobat.

            Maka akan tertuju pada Link asli download yang waktu itu sobat pernah download. Lihat gambar dibawah untuk langkah jelasnya :


3.         Coba sobat download lagi file nya pada website yang bersangkutan, tapi INGAT jangan di klik “Start Download” terlebih dahulu. Copy semua URL yang ada pada tampilan “Download File Info” dan buka lagi “File Properties” pada langkah ke-2.

            Pastekan di “Address” pada file properties download-an sobat yang tadi tidak bisa. Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya .


NB : sebelum di pastekan di “Address” hapus terlebuh dahulu link yang ada, baru Paste Link Barunya.

4.         setelah itu sobat klik OK pada tampilan “File Properties”. Dan pada tampilan IDM-nya, klik Resume . seperti gambar dibawah :


5.         selamat File sobat sekarang telah berhasil melanjutkan download-nya. Tak perlu download dari awal lagi.. :D

            Mungkin itu saja berbagi pengetahuan mengenai Cara Melanjutkan/Resume Download File Karena Server Error Pada Internet Download Manager. Mohon maaf apabila ada kata yang salah dan kurang berkenan. Semoga bermanfaat.. terima kasih… ^^


Wassalamu’alaikum…

Jika Menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email sobat. Akan dapat Update artikel dari blog ini, "GRATISS!!"

45 Responses to "Cara Melanjutkan/Resume Download File Karena Server Error Pada Internet Download Manager"

  1. nambahin info mas,biasanya harus hapus cookie dan cache di browsernya dulu sblm url yg baru di copas pada add url IDM baru bisa di resume downloadnya dg catatan filenya support untuk resume download

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya dapat ilmu baru tuh mas, soalnya saya selama seperti artikel diatas, resume downloadnya tidak harus menghapus Cookie atau Cache pada browser saya, bisa jadi ilmu tambahan nih jika artikel diatas tidak bisa. hihihi.. :D

      terima kasih mas atas ilmu yang sangat bermanfaat dan kunjungannya.. ^^

      Delete
  2. Nah~ nice banget nih '-')b
    Tapi biasanya kendalanya bukan server error aja, kadang juga karena paket kuota abis gitu hihi~

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau paket kuota abis, pastinya akan berhenti seketika. pas download nya berhenti pastikan jangan klik "cancel". jika terdapat tombol "pause" klik tombol tersebut, jika tidak, klik tombol silang atau (x).

      setelah kuota terisi dan dapat menjalankan internet, barulah trik diatas dilakukan.

      terima kasih atas kunjungannya.. ^^

      Delete
  3. Sangat bermanfaat sekali, apalagi bagi pengajar seperti kami, sekali lagi super sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih . semoga bermanfaat yaa ^^

      Delete
  4. Anonymous3:59:00 am

    Terima kasi kak, ngebantu aku banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, terima kasih atas kunjungannya ^^

      Delete
    2. yansahamri83@gmail.com

      Delete
  5. Anonymous1:09:00 pm

    Min bolehkah saya meminta bantuan (sangat) ,soalnya saya sudah mencari berhari-hari di google tapi belum dapat juga jawabannya ;( , jadi begini min, file download IDM saya tidak bisa diresume ke adressnya yang semula (karena google chrome saya error gitu, seperti Unable to connect to the proxy server gitu) lalu refresh adrees nya malah ke Microfot Word, apakah bisa diresume saja ke web browser lain seperti ke web mozilla?
    saya benar-benar mengharapkan bantuan admin, Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru dibalas, saya kurang begitu paham dengan menggunakan google chrome, karna saya user dari mozilla, jadi pengalaman saya yang terdapat "Unable to connect to the proxy server", jika link nya itu memang masih aktif dan tidak bermasalah,

      klik link download an obat yang error tadi - klik resume. nnti aka otomatis redirect ke link download sobat.

      #yang udah udah, jika udah terdapat kaya gitu, mau ga mau harus download ulang ^^

      Delete
  6. Anonymous3:04:00 pm

    Sangat membantu, saya download file 58 GB hingga 2 hari hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang membantu mas, terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa untuk berkunjung lagi yaa ^^

      Delete
  7. makasih bermanfaat , jadi gk gagal ane download

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, terima kasiha atas kunjungannya ^^

      Delete
  8. Thanks ,its work, jadi irit waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalo memang bisa gan, selamat deehh.. ^^

      terima kasih buat kunjungannya ^^

      Delete
  9. siip gan makasih :)


    Gabung Sekarang Juga di www.serbabayar.com selain untung menjadi member dapatkan juga kuntungan setiap bulannya. Lebih Mudah Isi Voucher Ulang Secara Online di www.serbabayar.com , Harga Murah Layanan Berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, semoga membantu.. ^^

      Delete
  10. gan tolongin saya, download hampir seharian ga selesai udah 93% mau selesai malah ada pesan kurang lebih "An existing connection was forcibly closed by the remote host..." , udah ane coba cara di atas tetep muncul pesan kaya gitu.
    kalo download ulang size nya ga muncul. gimana solusinya gan ?
    bisa ga kalo ane lanjutin download nya pake link yang lain soalnya link download file nya ada 3, ane coba part selanjutnya download pake link yg lain normal normal aja. ane gamau harus download ulang nunggu seharian lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lanjutin pake link download yang lain, belum pernah nyoba sih kang, kalo menurut fikir saya sih ga bisa kang, karna masing-masing URL tiap download itu beda. kalo akang download di URL A pasti URL nya beda dari URL B, meskipun link download file-nya ada 3.

      kan download bisa di resume karna dari URL yang sama bukan dari URL beda dan server untuk download nya mendukung untuk di resume.

      coba hapus cookie dan cache di browsernya dulu kang sebelum url yg baru di copas pada kotak URL browser dan di add url di IDM nya, pastikan koneksi internetnya juga stabil kang.

      mungkin akang bisa cari alternative link download dari server yang punya speed gede, seperti google drive, copiapop, kumpulbagi, dsb.. karna server teserbut juga mendukung resume download. CMIIW. ^^

      Delete
  11. dapat ilmu baru!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat ya kang, terima kasih atas kunjungannya :)

      Delete
  12. gan ane mau nnya nih, kan ane download di google drive, trus pas ane pengen resume kok malah gk bisa ya, ane udah coba cara di atas tapi tetep gk bisa, yang ada pas ane copas link baru, pas di resume linknya berubah jadi ke service login

    kalo ketemu solusinya tolong email ane ya gan (mr.zatfley@gmail.com)

    trims gan sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane di download digoogle drive bisa di resume ko gan, mungkin koneksi inet agan juga lambat kali yaa.

      cmiiw. terima kasih gan sudah berkunjunga ^^

      Delete
  13. Anonymous4:06:00 pm

    Gan mau nanya jika semua yang ada di atas gagal gimana apakah ada cara yang lain gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum menemukan cara yang lain sih gan, untuk sementara ini cara ini yang bisa saya gunakan.

      terima kasih gan sudah berkunjung ^^

      Delete
  14. kalau filenya gak support untuk resume download ada caranya gak min?? :C

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum menemukan cara yang lain sih gan, untuk sementara ini cara ini yang bisa saya gunakan.

      terima kasih gan sudah berkunjung ^^

      Delete
  15. thanks, KUnbal ya www.ilyazsport.ga

    ReplyDelete
  16. (h)(h)(h)(h)(h)
    nice gan...
    sukses...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukses juga gaan

      mohon maaf sebelumnya saya baru balas,

      terima kasih atas kunjungannya ^^

      Delete
  17. Sangat bermanfaat bagi para downloader (h)
    Trimakasih atas ilmunya gan (c)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, semoga membantu ya ilmunya..

      terima kasih atas kunjungannya ^^

      Delete
  18. Gan makasih banget infonya tadinya saya udah putus asa karena sifile berhenti di 98%;((, tapi pas saya ikutin cara yang agan infokan ternyata sifile bisa lagi diresume Makasih banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah alhamdulillah kalau agan sudah berhasil mengikuti cara diatas, congrats gan..

      sama sama gan, senang membantu.. saya juga ikut senang. ^^

      terima kasih atas kunjungannya ^^

      Delete
  19. Thanks gan. It's Work

    ReplyDelete
    Replies
    1. your welcome gan, semoga bermanfaat yaa

      terima kasih atas kunjungannya ^^

      Delete
  20. Mantap, saya error pas 99%, tapi bisa dilanjutkan dengan trik ini, bro! Keep going, God bless! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah bro kalo memang berhasil, congrats yaa

      terima kasih juga ya atas kunjungannyaa ^^

      Delete
  21. Mohon Tolong Gan...Saya Download Pakai IDM Via Googledrive...Tp Setelah Salin URL Selalu Download Web Serverlogin...Tlong Kasih Tau cara Mengatasi ya Gan...
    TERIMA KASIH..

    ReplyDelete
  22. Mau nanya min kalo lanjutin download dengan server yg berbeda gimana cara nya ? Misalnya lagi download eh kuota abis trus mau lanjut download pake sim data yg berbeda
    Terima kasih

    ReplyDelete
  23. makasih gan...Membantu skali..

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete