. Isi Program Kerja Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2018-2019 SMK Negeri 3 Depok - Berbagi Pengetahuan

Isi Program Kerja Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2018-2019 SMK Negeri 3 Depok


A.  Latar Belakang
Untuk menyambut kehadiran para siswa-siswi baru ini, diperlukan adanya kegiatan pengenalan terhadap lingkungannya yang baru di SMK Negeri 3 Depok. Rangkaian kegiatan pengenalan ini dirangkum menjadi satu dalam kegiatan “ Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Bagi Siswa Baru “.
Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi siswa baru ini diisi dengan sosialisasi nilai-nilai sosial, tata tertib di SMK Negeri 3 Depok dan beberapa pengenalan tentang SMK Negeri 3 Depok itu sendiri, sehingga siswa-siswi baru ini akan lebih terbiasa di lingkungan SMK Negeri 3 Depok.

Dasar Hukum
Adapun yang menjadi dasar hukum di dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi siswa baru di SMK Negeri 3 Depok Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah sebagai berikut :
1.      Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 422.1/15346-Set.Disdik tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru SMA, SMK Tahun Pelajaran 2018/2019 tanggal  5 Mei 2017
2.      Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.
3.      Kalender Akademik Dinas Propinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2018/2019.
4.      Kalender Akademik Dinas Pendidikan Kota Depok Tahun Pelajaran 2018/2019.
5.      Surat Tugas dari Kepala SMK Negeri 3 Depok Tentang Susunan Panitia Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Bagi Siswa Baru Tahun Pelajaran 2018/2019.
6.      Program Kerja SMK Negeri 3 Depok.




C.  Tujuan
Tujuan diadakannya kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di SMK Negeri 3 Depok Tahun Pelajaran 2018/2019adalah :
1.      Memberikan bekal pengenalan kegiatan intrakulikuler di SMK Negeri 3 Depok dan evaluasi dari seluruh kegiatan yang ada di SMP sebelumnya.
2.      Mempersiapkan siswa berprestasi dan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler.
3.      Memberikan wawasan terhadap siswa baru sebagai wahana pengembangan diri, menjadi siswa yang cakap, tanggap, dan patuh terhadap tata tertib sekolah.
4.      Memberikan pembiasaan terhadap kedisiplinan dan tata tertib sekolah.

D.  Nama Kegiatan
Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Bagi Siswa Baru SMK Negeri 3 Depok Tahun Pelajaran 2018/2019.

E.  Tema Kegiatan
“ Dengan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dapat meningkatkan Kemandirian, Kedisiplinan, Dedikasi, dan Kerjasama

F.   Waktu dan Tempat
Hari                        : Senin s/d Rabu
Tanggal                   : 16 s/d 18 Juli 2018
Waktu                     : Pukul 07.30 s/d 15.00 Wib
Tempat                   : SMK Negeri 3 Depok

G. Peserta/Sasaran
Peserta/Sasaran kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Bagi Siswa Baru SMK Negeri 3 Depok Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah :
“ Seluruh Siswa Baru Kelas X Semua Jurusan Tahun Pelajaran 2018/2019 “

1.      X Bisnis Konstruksi dan Properti                                           72 siswa
2.      X Teknik Komputer dan Jaringan                                           72 siswa
3.      X Bisnis Daring dan Pemasaran                                             72 siswa
4.      X Perbankan Syariah                                                              36 siswa
5.      X Otomatisasi Tata Kelola dan Perkantoran                          108 siswa
6.      X Akuntansi Keuangan dan Lembaga                                    72 siswa
Jumlah seluruhnya                                                                   432 siswa



H. Susunan Panitia
SUSUNAN PANITIA MPLS
SMK NEGERI 3 DEPOK
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penanggung Jawab                         :
Pengarah                                         : 1. H. Ma’mun, S.Pd., MM.
              2. Mega Perbawati, S.Pd.
  3. Ahmad Royani, S.Pd.
  4. Endang Sutisna, S.Pd
                                                         5. Titin Rustinah, S.Pd (Pengarah Administrasi)
Ketua                                              : Soesanto, S.Pd., MM.
Sekretaris                                        : Muhammad Faris Al Fatih, ST
Bendahara                                      : 1. Endang Purito Kenconowati, S.Kom
                                                         2. Surita, S.Pd
                                                         3. Doddi Nurcahyo, S.Pd
Koordinator Jurusan                       : 1. Rifka Amila, ST
                                                         2. Yudi Raharja, S.Kom
                                                         3. Dra.Hj.Raminan
                                                         4. Untung Karyanto,S.Pd., MM
                                                         5. Indry Hermawati N, S.Pd
                                                         6. Sutomo, S.Pd., MM
Seksi Acara                                   : 1. Nurhayati, M.Pd
2. Suharto, S.Pd.
  3. Mucharam Darisman, S.Pd.
4. Marina Nurhasanah, SE
5. Marisa Utari, S.Pd
6. Mawardi, S.Pd.I  

Seksi Perlengkapan                       : 1. Yadi Rusnandi, ST
                                                        2. Asep Kamaludin, S.Pd
                                                        3. Wibowo Nugroho, Amd
                                                        4. Oki Setiawan
                                                        5. Fauzan Ardiansyah
                                                        6. Fernanda Ramadhan
                                                        7. Indra Ambar Pratiwi, S.I.Kom
Seksi Dokumentasi                         : 1. Fariz Achmad, S.Pd.
Seksi Humas                                   : 1. Rifqi Fauzan Rajba, S.Pd
                                                         2. Muhammad Abil Luda
Seksi Konsumsi                              : 1. Tri Eka Wahyuni, SE
                                                         2. Mustika Marya Sari, SE
                                                        3. Yuliska Suwardini, ST
                                                        4. Fica Kartika Sari
Seksi P3K                                       : 1. Lela Nurlela, S.Pd
                                                         2. Fery
Staff Umum                                   : 1. Maan
  2. Aris                                  
                                                        3. Gunawan
                                                        4. Joli
  5. Udin
                                                        6. Olih
                                                        7. Acan
Penanggung Jawab Kelas X         : Wali Kelas X




Penyaji Materi :
1. Kebijakan Berkarakter                                : ……….
2. Pendidikan Berkarakter                              : a. Hj.Fatmawati, M.Pd.
  b. Mawardi, S.Pd.I.
3. Ramah Anak                                               : a. Nur Indriana,S.Pd
                                                                          b. Nina Herlina, S.Pd
                                                                          c. Reni Yulianti,S.Pd
4. Tata Tertib Berkendaraan                           : Tim Polisi ( 2 Orang )
5. Pengenalan Kurikulum                                : a. Endang Sutisna, S.Pd.
  b. Mega Perbawati, S.Pd.
6. Keluarga Sadar Hukum                              : a. Nurhayati, M.Pd
                                                                                      b. Indry Hermawati, S.Pd
            7. Budaya Literasi                                           : a. Dian Ramadhani, S.Pd
                                                                                      b. Rika Pratiwi, S.Pd
            8. Pengenalan Lingkungan Sekolah                : a. Suharto, S.Pd.
  b. Mucharam Darisman, S.Pd.
            9. Pengenalan Kegiatan Ekstrakurikuler         : a. Fariz Achmad, S.Pd
              b. Marina Nurhasanah, S.Pd.
            10. Pemaparan Jurusan                                    : Masing-Masing Kepala Program
            11. Kegiatan OSIS                                          : Tim OSIS
            12. Pelatihan Baris Berbaris /                          : Tim Polisi (6 Orang)
                  Bela Negara
            13. Leadership / Kepemimpinan                     : a. Soesanto, S.Pd., MM.
                                                                                      b. Ahmad Royani, S.Pd.




SUSUNAN PANITIA MPLS (OSIS)
SMK NEGERI 3 DEPOK
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 Penanggung Jawab                        : Soesanto, S.Pd., MM.
Ketua                                            : Muhammad Yusuf Salman
Wakil Ketua 1                               : Andru Fathan
Wakil Ketua 2                               : Siska Catur A
Sekretaris Umum                          : Rifka Nur Cahyani
Sekretaris 1                                   : Syaharani Putri
Sekretaris 2                                   : Ellen Juliantika
Bendahara 1                                  : Shinta Devina
Bendahara 2                                  : Sabila Ayuningtyas
 Kelompok Korlas                          : 1. AKL 1 (Merah Tua) (Sukabumi)
 (Koordinator Kelas)                                  a. Istikosah
                                                                   b. Imah
                                                                   c. Andru (Komisi Disiplin)
2. AKL 2 (Merah Muda) (Purwokerto)
                                                                   a. Siwi
                                                                   b. Sophie
                                                                   c. Rifka (Komisi Disiplin)
3. BDP 1 (Biru Muda) (Bandung)
                                                                   a. Bela
                                                                   b. Azka
                                                                   c. Dinar (Komisi Disiplin)
4. BDP 2 (Biru Tua) (Bogor)
                                                                   a. Reihan
                                                                   b. Lucy
                                                                   c. Syaharani (Komisi Disiplin)
5. TKJ 1 (Hijau Tua) (Garut)
                                                                   a. Nael
                                                                   b. Laskid
                                                                   c. Sabil (Komisi Disiplin)
6. TKJ 2 (Hijau Muda) (Tasikmalaya)
                                                                   a. Salsabila
                                                                   b. Nisa
                                                                   c. Fadlin (Komisi Disiplin)
7. BKP 1 (Hitam) (Indramayu)
                                                                   a. Umam
                                                                   b. Niken
                                                                   c. Aurel (Komisi Disiplin)
8. BKP 2 (Putih) (Ciamis)
                                                                   a. Dafa
                                                                   b. Dea
                                                                   c. Shinta (Komisi Disiplin)
9. OTKP 1 (Kuning) (Bekasi)
                                                                   a. Kevin
                                                                   b. Winda
                                                                   c. Zaini (Komisi Disiplin)
10. OTKP 2 (Orange) (Sumedang)
                                                                   a. Diska
                                                                   b. Ayu
                                                                   c. Sary (Komisi Disiplin)
11. OTKP 3 (Krem) (Subang)
                                                                   a. Injani
                                                                   b. Istiqomah
                                                                   c. Aldy
                                                                   d. Yusman (Komisi Disiplin)
12. PSY (Hijau Tosca) (Majalengka)
                                                                   a. Elisa
                                                                   b. Alfian
                                                                   c. Citra
                                                                   d. aldila (Komisi Disiplin)









I.     Jadwal Kegiatan
Selama penyelenggaraan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Bagi Siswa Baru SMK Negeri 3 Depok Tahun Pelajaran 2018/2019, para siswa baru akan menerima materi sesuai Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 dan melaksanakan kegitan berupa :
1.      Pengisian formulir siswa baru oleh orang tua siswa/wali.
2.      Kegiatan pengenalan warga sekolah, pengenalan stakeholders sekolah lainnya.
3.      Kegiatan pengenalan visi misi, ekstrakurikuler yang ada di sekolah.
4.      Pengenalan cara belajar, budaya dan tata tertib sekolah, simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar siswa.
5.      Kegiatan pengenalan fasilitas sarana dan prasarana sekolah dengan memegang prinsip persamaan hak seluruh siswa, menginformasikan fasilitas-fasilitas umum di sekitar sekolah. Mengajak siswa berkeliling ke seluruh area sekolah, sambil menjelaskan setiap fasilitas, sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah serta kegunaannya. Pengenalan penggunaan sumber daya sekolah (air, listrik dan telepon) secara efesien serta menginformasikan daerah rawan di sekitar sekolah.
6.      Kegiatan pengenalan etika komunikasi, termasuk tata cara menyapa/berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pembiasaan senyum, salam, sapa, sopan dan santun (5S) . Pengenalan etika pergaulan antar siswa serta antara siswa dan guru dan tenaga kependidikan, termasuk kepada sikap simpati, empati, dan saling menghargai serta sportif.
7.      Kegiatan penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter, beribadah keagamaan bersama, pengenalananti korupsi, cinta lingkungan hidup, dan cinta tanah air, dan pemilihan tema kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang sesuai dengan nilai- nilai positif.
8.      Kegiatan pengenalan manfaat dan dampak teknologi informasi, termasuk sanksi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan terkait.
9.      Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan pengenalan tata cara membuang sampah sesuai dengan jenis sampah.
10.  Kegiatan pendidikan bahaya pornografi, nartotika psikotropika, dan zat adiktif lainnya antara lain bahaya merokok.
11.  Mengajarkan simulasi antri melalui baris sebelum masuk kelas, dan pada saat bergantian memakai fasilitas sekolah. Kegiatan pengenalan dan keselamatan berlalu lintas.
12.  Kegiatan kebanggaan terhadap kenekaragaman dan kebhinekaan, antara lain pengenalan suku dan agama, penggunaan pakaian adat di sekolah.
13.  Kegiatan yang menjalin keakraban antar siswa dengan warga sekolah antara lain dengan permainan atau diskusi kelompok. Kegiatan aktrasi masing – masing kelas, antara lain perlombaan bidang kesenian, dan olahraga.



















J.    Anggaran
Adapun anggaran yang digunakan untuk kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)  menggunakan dana BOS, dengan perincian sebagai berikut :
NO.
URAIAN
VOLUME
BIAYA
SUB TOTAL
TOTAL
JUMLAH
SATUAN
A
PENERIMAAN :






Anggaran dari siswa kelas 10













Jumlah Penerimaan



















B
PENGELUARAN :





1
Persiapan






a. Kesekretariatan/Proposal






b. Spanduk






c. P3K






Jumlah Persiapan












2
Pelaksanaan






a. Konsumsi panitia guru  5 hr x 45 org






b. Konsumsi Osis 5 hr x 40 orang






c. Dokumentasi






d. Perlengkapan






Jumlah Pelaksanaan












3
Insentif






a. Penyaji Materi






b. Penyaji Materi (Polisi)






c. Kepolisian






d. Transport Panitia






e. Kepanitiaan






f. Monitoring






Jumlah Insentif




















Total Pengeluaran













Sisa atau Saldo











K. Penutup
Demikian program kerja kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Bagi Siswa Baru SMK Negeri 3 Depok Tahun Pelajaran 2018/2019 ini untuk kami ajukan sebagai acuan dan disetujui. Kegiatan ini akan berjalan baik dan lancar berkat dukungan dan bantuan semua pihak yang tidak kami sebutkan satu per satu. Atas dukungan dan kerjasama yang baik dari Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.


L.  Lembar Koreksi :
.........................................................................................................................................
......................................................................................................................................... ......................................................................................................................................... ......................................................................................................................................... ......................................................................................................................................... ......................................................................................................................................... ......................................................................................................................................... .........................................................................................................................................
......................................................................................................................................... .........................................................................................................................................






M.Lampiran
1.      Jadwal Kegiatan
Hari/Tgl
Waktu
Materi
Penanggung Jwb
Senin
16 Juli 18

07.30 – 08.00
08.00 – 08.45
08.45 – 09.45


09.45 – 11.00
11.00 – 12.00
12.00 – 13.15
13.15 – 14.30
14.30 – 14.45
Persiapan
Upacara pembukaan PLS
Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi tentang Membangun Peserta Didik Yang Berkarakter
Pendidikan Berkarakter
Ramah Anak
ISHOMA
Kegiatan OSIS
Apel sore
Panitia
Panitia
Kepsek/ Wakakesiswaan

Panitia/Guru
Panitia/Guru

OSIS
Panitia
Selasa
17 Juli 18
07.30 – 08.00
08.00 – 08.30
08.30 – 09.45

09.45 – 10.45
10.45 – 12.00
12.00 – 13.15
13.15 – 14.30
14.30 – 14.45
Persiapan
Apel Pagi
Tata Tertib Berkendaraan di Jalan Raya
Pengenalan Kurikulum
Keluarga Sadar Hukum
ISHOMA
Kegiatan OSIS
Apel sore
Panitia
Panitia
Tim Polisi (2 Orang)

Wakakur
Panitia

OSIS
Panitia
Rabu
18 Juli 18
07.30 – 08.00
08.00 – 08.30
08.45 – 09.45
09.45 – 11.00
11.00 – 12.00
12.00 – 13.15
13.15 – 14.00
14.00 – 14.45
Persiapan
Apel Siang
Pengenalan Lingkungan Sekolah
Budaya Literasi
Leadership/Kepemimpinan
ISHOMA
Kegiatan OSIS
Penutupan PLS
Panitia
Panitia
Panitia
Panitia
Panitia

OSIS
Panitia

2.      Silabus Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Bagi Siswa Baru Terlampir.
3.      Contoh Formulir Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Bagi Siswa Baru Terlampir.
4.      Contoh Kegiatan dan Atribut yang dilarang dalam pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Bagi Siswa Baru Terlampir
5.      Salinan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru Terlampir


Download Document (.docx) lengkapnya : Disini

Jika Menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email sobat. Akan dapat Update artikel dari blog ini, "GRATISS!!"

0 Response to "Isi Program Kerja Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2018-2019 SMK Negeri 3 Depok"

Post a Comment