Tugas Softskill Desain Permodelan Grafik (Pengertian, Sejarah, Implementasi)
Assalamu’alaikum…
Dalam pembahasan kali ini, saya ingin
menjelaskan Apa sih Desain Permodelan Grafik ? mungkin kita sering mendengar
permodelan grafik, yang pasti sih berhubungan dengan gambar atau rancangan
suatu obyek. Oke langsung saja ya disimak.. :
Desain
Proses
untuk mendapatkan suatu obyek baru. Desain merupakan gambaran atau pola yang
akan memiliki tujuan untuk menghasilkan suatu obyek. Contohnya adalah desain
suatu iklan. Desain tersebut berbentuk pola gambar yang dibuat oleh seorang
desainer.
Pemodelan
Tahap
dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah
menjadi nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D
maupun 3D. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah
saat pembuatannya.
Grafik (Grafis)
Grafik
atau Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik
merupakan cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses
pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan
serta manipulasi model dan citra.
Lalu Apa Itu Desain Pemodelan Grafik ??
Dari semua penjelasan di atas dapat
di simpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafik merupakan suatu proses dimana akan
diciptakan suatu obyek baru menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui
tahapan-tahapan yaitu membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra.
Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik komputer adalah pemodelan
geometris, rendering, animasi, graphic library/package, application program,
dan citra.
Ada Beberapa Software Yang Digunakan Dalam Desain Grafis :
Lihat Gambar:
Bentuk Implementasi Pada Desain Grafik Sendiri Seperti :
–
Peta digital
–
Kesehatan
–
Perancangan objek
–
System multimedia
–
Presentasi grafik
–
Presentasi saintifik
–
Pemrosesan citra, dan
–
Simulasi
Sejarah Desain Pemodelan Grafik
Pelacakan
perjalanan sejarah desain grafis dapat ditelusuri dari jejak peninggalan
manusia dalam bentuk lambang-lambang grafis (sign & simbol) yang berwujud
gambar (pictograf) atau tulisan (ideograf).
Tulisan
atau aksara merupakan hasil konversi gambar, bentuk dan tata aturan
komunikasinya lebih kompleks dibandingkan gambar. Belum ada yang tahu pasti
sejak kapan manusia memulai menggunakan gambar sebagai media komunikasi.
Manusia primitif sudah menggunakan coretan gambar di dinding gua untuk kegiatan
berburu binatang.
Contohnya
: seperti yang ditemukan di dinding gua Lascaux, Perancis.
Pada
tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang
bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di
Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur.
Tahun
1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu
oleh Peter Schoffer ia mencetak “Latin Bible” atau disebut “Guterberg Bible”,
“Mararin Bible” atau “42 line Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456.
Temuan Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman
terutama untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf
(tipografi).
Aloys
Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Berbeda dengan mesin
cetak Guterberg yang memanfaatkan teknik cetak tinggi, teknik cetak lithografi
menggunakan teknik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara
air dengan minyak. Nama lithografi tersebut dari master cetak yang menggunakan
media batu litho. Teknik ini memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara
lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran besar, juga memungkinkan
dilakukannya pemisahan warna.
Tokoh-tokoh
seni poster tehnik lithogafi (1836-1893) antara lain Jules Cheret dengan karya
besarnya “Eldorado: Penari Riang” (1898), “La Loie Fuller: Penari Fuller”
(1897), “Quinquina Dubonnet” (1896), “Enu des Sirenes” (1899). Tokoh-tokoh
lainya antara lain Henri de Toulouse Lautrec dan Eugene Grasset.
Desain
grafis mengalami perkembangan pesat setelah ditemukannya tulisan dan mesin
cetak. Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama telah membawa peradaban baru
dalam sejarah peradaban Barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian,
agama, serta alfabet latin yang dibawa dari Yunani.
Pada
saat ini adanya mesin cetak dan komputer juga merupakan dua hal yang secara
signifikan mempercepat perkembangan penggunaan seni desain grafis hingga
akhirnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan
lain-lain. Koran, majalah, tabloid, website yang sehari-hari kita lihat adalah
produk desain grafis.
Peralatan Untuk Para Desainer
Peralatan
yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar
tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai
sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual. Desain
grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata
letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau
pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu
menuntut banyak ruang.
Seorang
perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks
secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk
menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
Perbedaan Vektor & Bitmap
Lihat Gambar:
Bitmap
Lihat Gambar:
Vektor
Lihat Gambar:
Tipe-Tipe Citra
Lihat Tulisan:
Dalam kasus nyata desain pemodelan grafik dapat diterapkan dalam berbagai hal, seperti salah satunya ketika kita sedang foto bersama teman-teman dan ingin memberikan efek pada hasil fotonya, dalam hal ini pasti digunakan software yang berbasis Bitmap. Kenapa demikian ?? Dikarenakan suatu foto atau gambar bisa direpresentasikan dengan format bitmap dalam ribuan titik warna-warni yang membentuk suatu pola.
Dengan adanya software tersebut foto
tersebut akan menghasilkan seperti yang dikehendaki dengan efek visual yang
menarik dan tidak monoton serta tentunya kebersamaan dengan temen-teman akan
lebih terasa indah ketika foto tersebut juga indah.
Mungki itu saja pembahasan mengenai
Desain Permodelan Grafik, mohon maaf apabila ada kata yang salah dan kurang
berkenan, yang salah datangnya dari penulis blog ini, dan yang benar hanya
milik ALLAH Swt dan sumber… Terima kasih… ^^
Wassalamu’alaikum…
Baca Selengkapnya :
Lihat Sumber:
NIce info desain
ReplyDelete