Cara Membuat Splash Screen Dan Timer Menggunakan Strawberry Prolog
Assalamu’alaikum…
Pada Pembahasan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang Cara Membuat Splash Screen Dan Timer Menggunakan Strawberry Prolog. Disini saya akan memberikan listing, Logika, Dan Outputnya, oke deh langsung saja ya disimak.. :
Mungkin itu saja berbagi pengetahuan tentang Cara Membuat Splash Screen Dan Timer Menggunakan Strawberry Prolog. Apabila ada kata kata yang salah dan kurang berkenan mohon dimaafkan, semoga bermanfaat.. terima kasih atas kunjungannya.. ^^
Pada Pembahasan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang Cara Membuat Splash Screen Dan Timer Menggunakan Strawberry Prolog. Disini saya akan memberikan listing, Logika, Dan Outputnya, oke deh langsung saja ya disimak.. :
1. Listing Program
?-
window(_,_,win_utama(_),"Faris Belajar",100,50,450,450).
win_utama(init) :-
%menu utama
menu( normal, _, _,
menu_mulai(_),
"&new game"),
menu( normal, _, _,
menu_exit(_),
"&exit").
menu_exit(press) :-
close_window(_).
win_func(init) :-
%menu utama
menu( pop_up, _, _,
menu_start(_),
"&start"),
menu( normal, _, _,
menu_exit(_),
"&exit").
menu_mulai(press):-
close_window(_),
window(_,_,win_func(_),"Faris Belajar Timer",100,50,450,450).
menu_start(init) :-
menu( normal, _, _, menu_easy(_),
"&Mudah"),
menu( normal, _, _, menu_hard(_),
"&Sulit").
menu_easy(press) :-
message("Time","kamu memiliki waktu 10 detik sebelum BOM
meledak",i),
update_window(_),
G_M := 10,
G_waktu is set_timer(_,1,time_func).
menu_hard(press) :-
message("waktu","kamu memiliki waktu 5 detik sebelum BOM
meledak",i),
update_window(_),
G_M := 5,
G_waktu is set_timer(_,1,time_func).
time_func(end):-
(G_M=:=10 ->
pen(5,rgb(255,255,255)),
rect(49,10,70,25)),
(G_M=:=0 ->
kill_timer(_,G_waktu),
message("WARNING","BOOOOMMM \n Game Over !!!",!),
close_window(_)
else
Angka is print(G_N),
font(30,70,"Ravie"),
G_M <>= G_M-1),
T is
printq(G_M),
text_out(10,10,T), beep.
2. Logika Program
?-
window(_,_,win_utama(_),"Faris Belajar",100,50,450,450).
win_utama(init) :-
%menu utama
menu( normal, _, _,
menu_mulai(_),
"&new game"),
menu( normal, _, _,
menu_exit(_),
"&exit").
menu_exit(press) :-
close_window(_).
=> Kodingan diatas
digunakan untuk membuat jendela program yang pertama dengan nama “Faris Belajar”, dengan ukuran X1 = 100 , Y1 = 50 , X2 = 450 , Y2 = 450 dan saya beri nama function-nya
“win_utama” untuk member tau bahwa itu adalah jendela 1. Didalam win_utama
terdapat menu, “new game dan exit” ditandai dengan sintaks menu.
Ketika kita klik menu exit maka
akan keluar dari jendela utama, namun jika kita klik menu new game, maka akan
menampilkan jendela selanjutnya yaitu jendela ke-2 untuk selanjutnya kita
mainkan.
win_func(init) :-
%menu utama
menu( pop_up, _, _,
menu_start(_),
"&start"),
menu( normal, _, _,
menu_exit(_),
"&exit").
menu_mulai(press):-
close_window(_),
window(_,_,win_func(_),"Faris Belajar Timer",100,50,450,450).
menu_start(init) :-
menu( normal, _, _, menu_easy(_), "&Mudah"),
menu( normal, _, _, menu_hard(_),
"&Sulit").
=> Kodingan Win_func(init) diatas digunakan untuk membuat jendela program yang kedua
dengan nama “Faris Belajar Timer”
saat kita telah menklik menu new game pada jendela 1. Pada jendela ke-2 ini,
mempunyai pilihan menu diantaranya : menu start,
pada menu start mempunyai submenu mudah dan sulit . dan ada juga menu exit
.
menu_easy(press) :-
message("Time","kamu memiliki waktu 10 detik sebelum BOM
meledak",i),
update_window(_),
G_M := 10,
G_waktu is set_timer(_,1,time_func).
menu_hard(press) :-
message("waktu","kamu memiliki waktu 5 detik sebelum BOM
meledak",i),
update_window(_),
G_M := 5,
G_waktu is set_timer(_,1,time_func).
=> Kodingan diatas (press) adalah kelanjutan
kodingan yang sebelumnya, dimana kodingan diatas adalah kodingan untuk
memunculkan sumenu Mudah dan Sulit agar berfungsi ketika saat di klik. Didalam
menu_easy dan menu_hard telah ada sintaks yang siap dijalankan jika telah
memilih menu tersebut. Didalam menu tersebut masing-masing telah ada sintaks
pesan dan penghitungan waktu mundur, waktu yang diberikan untuk mudah adalah 10
detik dan sulit adalah 5 detik, jadi saat memilih submenu mudah atau sulit akan
muncul dialog message dan akan
menampilkan detik berjalan mundur.
time_func(end):-
(G_M=:=10 -> %timer
dihitung mulai dari angka 10
pen(5,rgb(255,255,255)), %memberikan
tulisan agar hitam
rect(49,10,70,25)),
(G_M=:=0 ->
kill_timer(_,G_waktu),
message("WARNING","BOOOOMMM \n Game Over !!!",!),
close_window(_)
else
Angka is print(G_N),
font(30,70,"Ravie"), %membuat
angka mempunyai font ravie
G_M <>= G_M-1),
T is
printq(G_M),
text_out(10,10,T), beep. %angka
detik yang muncul menyesuaikan akan keluar di window di koordinat X=10 dan Y=10
=> Fungsi countdown tadi perlu dipanggil supaya bisa berjalan, untuk itu pada
time_func telah dipasang sintaks untuk menghitung mundur waktu dan juga pesan
yang akan keluar setelah waktu habis.
3. Output Program
Mungkin itu saja berbagi pengetahuan tentang Cara Membuat Splash Screen Dan Timer Menggunakan Strawberry Prolog. Apabila ada kata kata yang salah dan kurang berkenan mohon dimaafkan, semoga bermanfaat.. terima kasih atas kunjungannya.. ^^
Wassalamu’alaikum..
Download Strawberry Prolog : Disini atau Disini
Jadi teringat ketika membuat program skripsi dengan delphi. Nice pos gan.
ReplyDeletewah awesome dong kang buat skripsi dengan delphi.. :D
Deleteterima kasih kang atas kunjungannya.. ^^
artikelnya berat buat sy mas...
ReplyDeleteblogwalking sj...
oke mba.. terima kasih atas kunjungannya.. ^^
Delete