. Cara Mudah Flash Android/Install Ulang Semua Jenis Android Menggunakan Odin 3.0.7 di PC + Download Firmware - Berbagi Pengetahuan

Cara Mudah Flash Android/Install Ulang Semua Jenis Android Menggunakan Odin 3.0.7 di PC + Download Firmware

Assalamu’alaikum..

            Flash Android atau Install Ulang android, cara ini mungkin hampir sama fungsinya dengan factory reset di android. Fungsinya adalah sama-sama menghilangkan data pada android sobat. Namun fungsi sama tapi caranya pun beda.

            Maksudnya ? ehh sebelum saya jelaskan lebih lanjut, coba baca ulasan singkat ini, hehehe

Apa sih Flash Android itu ?

            Flash android itu adalah mereset/menghapus/memusnahkan semua data di android hingga seperti baru alias menjadi seperti standart pabrik. Kurang lebih sama seperti install ulang OS di Drive C laptop .

Perbedaan Flash Ulang sama Factory Reset itu apa ?

            Factory Reset itu menghapus keseluruhan data android dalam keadaan android sobat masih dalam keadaan menyala, namun kalau Flash Android itu android sobat dalam keadaan mati.

            Biasanya seorang user android factory reset smartphonenya adalah karna sampah-sampah bekas aplikasi  yang ada dalam android sudah menumpuk hingga membuat androidnya terasa deadlock, atau untuk menjual smartphonenya agar data didalamnya tidak disalah gunakan oleh calon Pembelinya. Cara ini pun yang paling mudah dilakukan. Nah disini letak perbedaannya.

Flash Android Ini Dilakukan Saat Kapan ?

            Nah Flashing ini dilakukan ketika android sobat gagal booting atau tidak bisa masuk ke home androidnya. Biasanya gagal booting itu terjadi ketika seorang oprekers meng-otak-atik systemnya atau mengganti ROM bawaan android dengan Custom ROM lain, kira kira sih gitu.. hehehe

            Oke deh langsung saja, simak langkah-langkah Flash Android/Install Ulang Semua Jenis Android Menggunakan Odin 3.0.7 di PC (GT-S5310, GT-S6310, GT-S6810, Ace 2, Core 2 Duos).

1. Pastinya sobat harus mempunyai androidnya Doong.. :D

2. Saya akan mencontohkan flash android Samsung Galaxy GT-S6310, jadi download Firmware-nya terlebih dulu (jika belum ada) dan Odin 3.0.7

Download Firmware Samsung Galaxy GT-S6310, Disini atau Disini.
Download Firmware Samsung Galaxy GT-S5360, Disini atau Disini.
Download Firmware Samsung Galaxy GT-S6810, Disini
Download Firmware Samsung Galaxy Ace 3, Disini atau Disini.
Download Firmware Samsung Galaxy Core 2 Duos, Disini atau Disini.
Odin 3.0.7, Disini.

3. Pilih salah satu Firmware tipe android sobat, Extract file tadi yang telah di download – RUN Odin 3.0.7 pada PC/Laptop sobat

4. Pastikan smartphone dalam keadaan mati – Lalu Nyalakan smartphone-nya dengan menekan secara bersamaan tombol (Power + Volume Down + Home) – Tekan Volume UpSambungkan android ke PC menggunakan kabel USB.


5. Lihat pada gambar dibawah :


Penjelasan :

Nomor 1 : Jika sobat sudah mengikuti langkah ke-4, jika terdapat tanda 0:[COM9] artinya android-nya sudah terdeteksi oleh ODIN. (Jika belum, close Odin-nya, matikan kembali smartphone, cabut kabel usb, BARULAH ulangi langkah ke-4)

Nomor 2 dan 3, centang semua

Nomor 4 : klik pada PDA, cari file Firmware (.tar.md5) sesuai dengan tipe android sobat yang tadi sudah didownload – jika sudah ketemu klik Open

6. Lalu akan seperti gambar 1 di bawah, jika sudah siap klik “Start”, lihat pula pada gambar nomor 2 dibawah, adalah sedang proses Flashing.


7. Lihat pada android sobat, akan menampakkan proses Flashing juga


8. Jika sudah selesai, akan menampilkan tulisan “PASS!” dan berwarna Hijau, silahkan lepas android sobat dari Kabel USB.


 9. Dengan sendiri-nya android sobat akan otomatis restart, dan menampilkan gambar dibawah. Tunggu saja beberapa menit, maka Android sobat sudah seperti baru dari pabrik..


            Alhamdulillah selesai juga.. mungkin itu saja berbagi pengetahuan tentang Cara Mudah Flash Android/Install Ulang Semua Jenis Android Menggunakan Odin 3.0.7 di PC (Firmware GT-S5360, GT-S6310, GT-S6810, Ace 2, Core 2 Duos). Mohon maaf apabila ada kata yang salah dan kurang berkenan. Terima kasih..


Wassalamu’alaikum..

Jika Menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email sobat. Akan dapat Update artikel dari blog ini, "GRATISS!!"

8 Responses to "Cara Mudah Flash Android/Install Ulang Semua Jenis Android Menggunakan Odin 3.0.7 di PC + Download Firmware"

  1. gimana cara download frimware

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf baru di bales mba.

      caranya : silahkan pilih firmware yang ingin di download - klik link yang bertuliskan "disini" - akan muncul adfly, tunggu 5 detik lalu klik "SkipAd"

      maka akan muncul google drive - klik tombol unduh di atas kanan layar. (Silahkan lanjutkan sendiri ya)

      terima kasih atas kunjungannya ^^

      Delete
  2. firmware ace 2 sama ga min dgn ace 3?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf baru saya balas mas, yang saya tau sih beda type hape nya beda firmware nya.

      terima kasih atas kunjungannya ^^

      Delete
  3. [BOLAVITA X OVO]
    Jangan Kuatir dengan Jam Bank Offline Kini Bolavita telah bekerja sama dengan OVOpay Indonesia.
    Deposit di Bolavita Makin Mudah Menggunakan Ovopay dan dapatkan Bonus FreeChips nya Sekarang Juga!

    Info Lengkap : www,bolavita,fun ~
    WA: 0812-2222-995 !
    BBM : B-O-L- A-V-I-T-A
    WeChat : BOLAVITA
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  4. makasih sudah share infonya
    solder uap

    ReplyDelete