. 9 Langkah Mudah Mengatasi Isi Flashdisk Berubah Menjadi Shortcut Menggunakan Attrib di CMD, Tanpa Software - Berbagi Pengetahuan

9 Langkah Mudah Mengatasi Isi Flashdisk Berubah Menjadi Shortcut Menggunakan Attrib di CMD, Tanpa Software

Assalamu’alaikum..


            Pernahkah sobat menemukan shortcut pada flashdisk seperti gambar diatas ? jika pernah, hati hati sob, karna itu adalah salah satu bentuk virus computer yang sudah menyerang flashdisk sobat.

            Itu adalah salah satu jenis virus “shortcut” yang pastinya dapat menyebar jika flashdisk yang telah terjangkit virus tersebut dicolokkan ke laptop yang tidak ada antivirusnya.

Ko Flashdisknya Bisa Terjangkit ?

            Kenapa ? Sebenarnya juga punya banyak faktor sob, beberapa diantaranya adalah  menyolokkan flashdisk ke laptop/computer teman yang sudah diyakini, terdapat banyak virusnya. Lalu faktor lainnya flashdisk dicolokkan ke computer warnet.

Ko Warnet ?

            Saya menyebutkan warnet, bukan semata mata menyalahkan pemilik warnet atau menjudge komputer diwarnet-warnet adalah yang menyebarkan virus ini, tapi pada kenyataannya, iya.

            Ini pun saya sering alami Ketika flashdisk, saya colokkan ke komputer semua warnet yang saya kunjungi. Lalu saya colokkan ke laptop saya, dan saya scan menggunakan antivirus yang sudah terpasang dilaptop saya, mengejutkan saya, banyak virus yang terdapat didalamnya.

            Ya apa boleh buat ketika sudah terjadi saya pun tidak bisa menyalahkan pemilik warnet kenapa pada komputernya terdapat banyak sekali virus, toh juga saya pun memerlukan warnet itu untuk suatu kepentingan. Bener ga sob ? hehehe

Lalu Cara Mengatasinya ?

            Oke saya akan berbagi pengetahuan 9 Langkah Mudah Mengatasi Isi Flashdisk Berubah Menjadi Shortcut Menggunakan CMD Tanpa Software “Jangan Langsung Format!!” Silahkan disimak yaa :

1. Pastinya laptop sobat sudah harus terpasang/terinstal antivirus yang sudah terpercaya(paling tidak dari mulut kemulut, hehehe)

2. Lalu tancapkan flashdisk yang terjangkit virus tadi ke laptop sobat yang telah terpasang Antivirus

3. Scan dulu flashdisk nya – lalu ketika sudah menampilkan hasil scan, “hapus/fix/ignore/delete/quarantine” virusnya

*kenapa harus discan terlebih dahulu ? karna sudah dipastikan flashdisk yang seperti itu terkena virus dan harus di hilangkan virusnya

4. INGAT!! Setelah discan, JANGAN langsung di format ya flashdisknya.

5. Buka Command Promt/CMD, dengan cara : tekan tombol “Windows + R” pada keyboard – Lalu ketikcmd” – klik OK. Jadinya akan seperti gambar dibawah.


Atau klik kanan pada “Start” – Command Prompt (Bagi Pengguna win8.1)

6. Setelah tampil dialog CMD, pindahkan dulu ke drive Flashdisk sobat, saya contohkan dibawah flashdisk yang terkena virusnya adalah di drive H. jadi saya pindahkan dulu ke drive H.

Caranya :
Ketik “nama_drive_flashdisk:” (nama_drive diakhiri tanda titik 2) – lalu tekan “Enter
Lalu ketik “attrib –s –h –r /s /d “ (tanpa petik 2) – tekan “Enter”. Seperti gambar dibawah :


7. Jika memang berhasil akan menampilan “drive nya saja” seperti gambar dibawah yang dikotakkan kuning.


8. Lihat pada Flashdisk sobat, maka pada flashdisk sobat akan terdapat (Folder tanpa nama) jangan khawatir, folder tersebut adalah letak Isi dalam Flashdisk sobat yang sebelumnya sempat hilang, klik saja “Folder Tanpa Nama” tadi.


9. Daaaannnn.. tadaaa… isi flashdisk sobat sudah kembali seperti semula lagii ^^


            Bagaimana sob ? mudah bukan caranya ? begitu lah memang mudah sob, hehehe nah saya punya tips nih entah konyol atau tidak untuk mengingat perintah di cmd nya, saya menyebutnya “SeHaRusnya SD” ingetnya SD nya aja yang di pakaikan tanda slash, hehehee

            Mungkin itu saja sob Berbagi Pengetahuan tentang 9 Langkah Mudah Mengatasi Isi Flashdisk Berubah Menjadi Shortcut Menggunakan CMD Tanpa Software “Jangan Langsung Format!!”.  Mohon maaf apabila ada kata yang salah dan kurang berkenan, terima kasih ^^

Wassalamu’alaikum..

Jika Menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email sobat. Akan dapat Update artikel dari blog ini, "GRATISS!!"

17 Responses to " 9 Langkah Mudah Mengatasi Isi Flashdisk Berubah Menjadi Shortcut Menggunakan Attrib di CMD, Tanpa Software"

  1. Mantap coeg, berhasil! Thx yak.. =))

    ReplyDelete
  2. Wih berhasil, terima kasih infonya 😃

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah... Flash diskku kembali seperti semula, terima kasih min...

    ReplyDelete
  4. Thax a lot,, helpful heheh

    ReplyDelete
  5. Thanks gan, sangat membantu sekali :)

    ReplyDelete
  6. [BOLAVITA X OVO]
    Jangan Kuatir dengan Jam Bank Offline Kini Bolavita telah bekerja sama dengan OVOpay Indonesia.
    Deposit di Bolavita Makin Mudah Menggunakan Ovopay dan dapatkan Bonus FreeChips nya Sekarang Juga!

    Info Lengkap : www,bolavita,fun ~
    WA: 0812-2222-995 !
    BBM : B-O-L- A-V-I-T-A
    WeChat : BOLAVITA
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  7. Gan klw pake cara itu ga bisa juga gmna ya??

    ReplyDelete
  8. Habis instal software bajakan dan setelah itu file flashdisk jadi shotcut semua, setelah coba cara diatas ajib sob langsung muncul semua file data yang ilang, makasih banyak ya

    ReplyDelete
  9. Mantap akhirnya bisa juga kebuka 😁😁
    Thx bang sangat amat membantu 😁

    ReplyDelete
  10. Folder di flasdik saya berubah jadi file gara" memasukan batch baru...gimana caranya kembali seperti awal sesuai formatnya

    ReplyDelete
  11. Hwaaa makasih gan:(((((

    ReplyDelete
  12. bang kok punya saya c"attrib" is not recognized as an internal or external command operable program or batch file, itu kenapa bang

    ReplyDelete
  13. gabisaaa, tolong dong

    ReplyDelete
  14. gabisaaa, tolong dong

    ReplyDelete
  15. Aku udah ikutin cara diatas. Emang berhasil, berhasil ilang dataku semuanya aliaasss kosonngg flashdisk nyaa. Huhuuuuhuhuu😭😭😭😭.. mohon bantuannya temen temen😭

    ReplyDelete