. Kenalan Dulu Dengan si Virus Shortcut, Baru Boleh "Membunuhnya" Jika Mengganggu, Hijackthis - Berbagi Pengetahuan

Kenalan Dulu Dengan si Virus Shortcut, Baru Boleh "Membunuhnya" Jika Mengganggu, Hijackthis

 Assalamu’alaikum…

           Berbicara soal virus Komputer, memanglah tiada habisnya. Berbagai macam jenis virus yang ada dalam komputer, contohnya virus trojan, virus ramnit, virus shortcut dll. Disini saya akan sharing apa sih Virus Shortcut itu ? lalu cara meng-enyahkannya bagaimana ?

           Virus Shortcut adalah virus dalam bentuk shortcut-shortcut yang muncul dalam bentuk folder yang ada (Cloning), meski sudah dihapus namun tetap saja kembali. Ini sangat berbahaya dan bisa merusak sistem kerja komputer sobat jika terus menerus dihiraukan. 

           Biasanya Virus Shortcut ini mengcloning folder yang ada dalam Windows Explorer menjadi Shotcut yang biasanya berjumlah 4 atau lebih.

            Dengan Cara Ampuh Menghapus Virus shortcut ini, sobat dapat menghindari bahaya instal ulang PC, karna akan menghapus semua data berharga kalian. Selain itu, kalian juga dapat meningkatkan performance komputer atu laptop.

Nah dari pada itu dari pada saya bicara terus menerus :P, mending langsung disimak saja ya..

            Untuk melakukan penghapusan virus shortcut dengan baik, sobat perlu mengetahui dulu, bagaimana sebenarnya virus shortcut ini menginfeksi komputer sobat. Berikut penjelasannya yang saya baca :

1.         Hal yang pertama dilakukan virus ini begitu menginfeksi adalah membuat base dalam My Document. File base nya bernama database.mdb.

2.         Virus ini kemudian akan membuat file file autorun.inf di setiap partisi termasuk flashdisk yang tertancap.

3.         Kemudian virus ini akan membuat file thumb.db (file asli dari komputer bernama thumbs.db)

4.         Berikutnya, virus ini membuat file Microsoft.ink yang bila di eksekusi, akan langsung mengaktifkan virus.

            Jika komputer sobat telah terjangkit virus ini, pada task manager akan terlihat ada proses wscript.exe sedang berjalan. Seharusnya, tidak ada proses ini dalam keadaan komputer normal. Memang cukup mudah mengidentifikasi adanya virus dibandingkan dengan membersihkan dan merecover file yang telah terinfeksi.

Langkah Langkah untuk Membasmi Virus Shortcut

            Setelah mengetahui cara virus menginfeksi, sekarang saatnya mengetahui cara menghapus virus shortcut agar kinerja yang baik bisa didapatkan kembali :

1.         Langkah pertama dalam cara menghapus virus shortcut adalah mematikan System Restore  di komputer kalian.

2.         Matikan proses yang sedang dijalankan oleh virus: wscript.exe menggunakan Process Explorer atau dengan software HijackThis. (Download software Disini atau Disini)

3.         Hapus file database.mdb di My Document

4.         Hapus semua file yang telah diduplikat virus.

            Langkah terakhir dalam menghapus virus shortcut adalah menghapus semua file autorun.inf yang telah dipasang virus di setiap partisi. Anda dapat melakukan ini dengan software Hijackthis.

            Cara diatas juga dapat digunakan sebagai cara menghapus virus shortcut di flashdisk karena pada dasarnya flashdisk terinfeksi firus ini akibat terkoneksi dengan komputer bervirus.

            Setelah komputer atau laptop sobat bisa terbebas dari virus-virus shortcut yang menggangu, sobat dapat melakukan berbagai aktifitas di komputer dengan lebih nyaman dan aman. Kontak dengan internet maupun flashdisk yang terinfeksi bisa menjadi jalan dari virus-virus penggangu.

          Oleh karena itu, selain mempelajari cara menghapus virus shortcut, pada laptop/komputer sobat perlu juga diproteksi menggunakan program antivirus yang handal dan terpercaya. Maka komputer sobat memiliki ketahanan yang lebih untuk menghadapi serangan virus dan worm. 

            Mungkin itu saja berbagi pengetahuan tentang Langkah Jitu Menghapus Virus Shortcut Di Komputer atau Laptop Menggunakan Hijackthis. Apabila ada kata kata yang salah dan kurang berkenan mohon dimaafkan.. semoga artikel diatas bermanfaat.. terima kasih atas kunjungannya.. ^^


Wassalamu’alaikum..



Baca Selengkapnya Disini

Jika Menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email sobat. Akan dapat Update artikel dari blog ini, "GRATISS!!"

9 Responses to "Kenalan Dulu Dengan si Virus Shortcut, Baru Boleh "Membunuhnya" Jika Mengganggu, Hijackthis"

  1. oh ternyata shortcut itu virus.. ga nyangka dehh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget mba, ada juga yang bacaanya "copyshortcut1" dan sampai 4, ^^

      terima kasih atas kunjungannya ^^

      Delete
  2. Nice Info Jangan Lupa Kunjung Blog Saya http://sewalaptopsby.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan langsung ke tkp ^^

      terima kasih atas kunjungannya ^^

      Delete
  3. ohh.. gitu gan.. ada aplikasinya tooh.. nice brooh..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan ada aplikasinya, terima kasih buat kunjungannya broh awii ^^

      Delete
  4. dampak dari virus shorcut ini gmn? Apakah menghilangkan file atau membuat file tdk bisa dibuka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dampak file yang terkena virus shortcut ini, file masih ada namun tidak bisa dibuka kang, contohnya seperti ini, misalkan akang punya file berekstensi .docx atau .exe, file tersebut jadi berubah, berwarna putih gitu dan tidak bisa dibuka.

      malah dalam kasus yang lebih parah, pernah suatu hari dalam hardisk teman saya terdapat file shortcut (virus shortcut), lalu shortcut itu teman saya hapus, dan amazing, ternyata File yang ada dalam hardisk terhapus semua.

      kira-kira gitu sih kang.. CMIIW hehehe

      Delete
  5. Wow Mantap Min

    Terima kasih atas info-infonya min :)

    ReplyDelete

Silahkan Jika ada pertanyaan, kritik, saran, dan link Error harap hubungi admin dalam kotak komentar atau Contact Us yang tersedia. Sobat bisa :

Menyisipkan kode: Kode Anda atau Kode Anda


Sobat pun bisa meletakkan Emoticon seperti diatas Form ini.

Terima kasih sudah mampir ^^