. Rangkuman Game "Animasi Wajah Tebak Kata" (Pengantar Teknologi Game) - Berbagi Pengetahuan

Rangkuman Game "Animasi Wajah Tebak Kata" (Pengantar Teknologi Game)

Tugas Softskill



Assalamu’alaikum…

            Pada pembahasan kali ini, saya didapat tugaskan untuk merangkum suatu Jurnal mengenai Game dalam mata kuliah Softskill. Disini saya akan merangkum suatu jurnal yang berjudul “Agen Cerdas Animasi Wajah Untuk Game Tebak Kata” dimana judul tersebut adalah hasil karya :

Yth. Bpk :
Anung Rachman, Vincent Suhartono, Yuliman Purwanto

Pascasarjana Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro

Jurnal Teknologi Informasi, Volume 6 Nomor 1, April 2010, ISSN 1414-9999

 Oke langsung saja ya disimak.. :

            Salah satu teknologi informasi yang dapat digunakan untuk kepentingan pembelajaran adalah media game komputer. Kata mereka, salah satu potensi terbesar dalam game adalah siswa/i dapat lebih memahami pelajaran, kemampuan untuk memproses data untuk membantu menjelaskan hasil belajar, dan menyelesaikan kendala yang terdapat pada pengetahuan.

            Beberapa game dapat meningkatkan kemampuan perceptual. Game-game yang dikembangkan membuat prinsip-prinsip pembelajaran efektif dan variatif yang membuat pembelajaran menjadi bermutu.

            Pada game tersebut pastinya terdapat Artificial Intelligent (AI) atau kecerdasan buatan yang merupakan bagian ilmu komputer yang membuat mesin (komputer) memiliki kemampuan seperti user. Bagian utama yang membuat sebuah perangkat memiliki kemampuan kecerdasan buatan disebut sebagai agen.

            Teknologi informasi memungkinkan kebutuhan alami manusia untuk mengekspresikan emosi dan perasaannya bisa terbebaskan. Sayangnya jauh lebih banyak budaya luar yang masuk dibanding budaya lokal yang dipromosikan untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan model  pembelajaran budaya yang cerdas dan menarik agar mampu bersaing di era global saat ini.

            Mereka menilai pembelajaran  menggunakan game merupakan salah satu model yang dirasa efektif karena membuat pemain berlama-lama dalam bermain, walaupun tanpa sadar mereka sebenarnya adalah sedang belajar.

            Sebagai contohnya saja jika pembuat game/developer game untuk mempopulerkan budaya di Indonesia tidak akan efektif jika tidak menarik. Untuk membuat menjadi lebih menarik, digunakan unsur psikologis yang diintegrasikan ke dalam game ”kata” yang akan dibuat. Unsur tersebut berupa ”emosi” yang diciptakan untuk membangkitkan semangat dan sifat penasaran pemain. Bentuknya berupa sebuah animasi wajah yang senantiasa berekspresi dan mengomentari setiap langkah pemain.

            Pembuatan game-nya pun menggabungkan dua macam kemampuan, yaitu kemampuan teknik pemrograman dan kemampuan seni. Pemrograman digunakan untuk membuat  komponen, mengorganisasi, dan mengendalikan komponen game. Sedangkan kemampuan seni dipakai untuk menciptakan tokoh, ekspresi, beserta komentar-komentarnya. Kedua hal tersebut harus seimbang karena jika salah satu tidak optimal maka game menjadi tidak menarik.

            Kesulitan terbesar selama proses pembuatan terletak pada mengintegrasikan animasi wajah dengan metode FSM terhadap game. Hal ini terjadi karena animasi wajah merupakan output yang akan berjalan ketika mendapat trigger dari game, padahal proses pembuatan masing-masing adalah terpisah.

            Ketika animasi tersebut mendapatkan trigger berupa langkah pemain misalnya “salah”, maka state animasi yang semula ‘idle’ akan berubah menuju ‘kecewa,. Sama seperti ketika pemain melakukan kesalahan dalam menebak, jika pemain benar dalam menentukan huruf, maka animasi merubah dirinya pada state “senang” beserta komentarnya. Setelah komentar tersebut selesai, maka animasi akan balik lagi menjadi “idle”.

             Bahasa pemrograman yang digunakan pada game “ Agen Cerdas Animasi Wajah Untuk Game Tebak Kata “ adalah actionscript untuk memprogram game. Selain itu pemrograman juga dilakukan pada database menggunakan format XML (Extensible Markup Language).

            XML adalah salah satu struktur informasi data berbasis teks yang melekat (tagged) pada sebuah aplikasi.

            Dalam jurnal-nya, pembuatan Game “ Agen Cerdas Animasi Wajah Untuk Game Tebak Kata “ yang dibangun berupa model “kata”. Bentuk permainannya adalah :

1.         Pemain disediakan pertanyaan berupa kata budaya,
2.         Pemain menebak setiap huruf yang ada pada kata tersebut,
3.         Jumlah kesalahan dalam menebak dibatasi, dalam hal ini empat kali,
4.         Jika lebih dari batas kesalahan maka permainan berakhir (game over).
5.         Jika pemain dapat menebak kata dengan benar, maka skor penilaian bertambah dan sistem game akan menyediakan kata selanjutnya yang harus ditebak, begitu seterusnya.
6.         Jika langkah pemain salah maka animasi wajah akan berekspresi dan berkomentar dengan nada kecewa, begitu juga sebaliknya.

            Terbuatnya game “ Agen Cerdas Animasi Wajah Untuk Game Tebak Kata “ bukan semata mata hanya untuk mencari kesenangan saja, namun para pemain dapat lebih menentukan ekspresi dan komentar yang harus dilakukan oleh animasi wajah dan menerapkannya pada rangkaian manajemen game ”kata”.

            Sedangkan manfaatnya adalah memberikan hiburan berupa sebuah permainan dengan disadari atau tidak pengguna tersebut akan mempelajari budaya lokal sesuai materi yang terkandung di dalam permainan.

            Pada game “ Agen Cerdas Animasi Wajah Untuk Game Tebak Kata “ dari banyak kelebihannya, pastinya terdapat kekurangannya pula, yaitu  :

1.         Ekspresi wajah yang dibuat masih sebatas ekspresi senang dan kecewa.
2.         Dapat ditambahkan ekspresi sedih, menangis, tertawa, cemberut, dll.
3.         Dasar penentuan ekspresi dan komentar yang dibuat masih terbatas pada kemutlakan ”benar” dan ”salah” dari langkah pemain.
4.         FSM dapat diaplikasikan terhadap pemicu terjadinya ekspresi muka menjadi lebih lengkap. Pemicu yang dimaksud misalnya, mengomentari huruf atau kata yang telah dipilih oleh pemain, menyarankan pemilihan huruf (jika diikuti bisa berakibat benar ataupun salah), mengganti menu petunjuk menjadi komentar, atau yang lainnya.

            Mungkin itu saja pembahasan kali ini mengenai Rangkuman Tentang Game “ Agen Cerdas Animasi Wajah Untuk Game Tebak Kata “ yang saya ambil dari sumber Journal. Mohon maaf apabila ada kata yang salah dan kurang berkenan, semoga bermanfaat.. Terima kasih.. ^^

Thank’s to :     - Yth. Bpk. Anung Rachman,
                        - Yth. Bpk. Vincent Suhartono,
                        - Yth. Bpk. Yuliman Purwanto

Link Sumber Jurnal : Disini


Wassalamu’alaikum…

Jika Menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email sobat. Akan dapat Update artikel dari blog ini, "GRATISS!!"

2 Responses to "Rangkuman Game "Animasi Wajah Tebak Kata" (Pengantar Teknologi Game)"

  1. kelihatannya menarik buat dimainkan nih sob,ijin nyobain ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kang harum, silahkan langsung lihat dari sumbernya... ^^

      terima kasih atas kunjungnnya... ^^

      Delete