Membuat ASCII (Membuat Kursor Bergerak ke Segala Arah) Menggunakan Strawberry Prolog
Assalamu’alaikum…
Dalam
Pembahasan kali ini, saya ingin memberikan sedikit pengetahuan tentang Cara Membuat ASCII (Membuat Kursor Bergerak
ke Segala Arah) Menggunakan Strawberry Prolog. Disini saya akan memberikan
Listing Program, Dan Logika Programnya + Output-nya, oke deh langsung saja ya
disimak.. :
1. Listing Program
?-
G_X1:=0,
G_X2:=G_X1,
G_Y1:=0,
G_Y2:=G_Y1,
P1:=0,
P2:=0,
window(_,_,win_func(),"Faris
Berhasil ASCII",500,200,300,300).
win_func(key_down(39,_)):-
(G_X1 < 200 -> G_X2 := G_X1,
G_X1:=G_X1+1), draw2.
win_func(key_down(37,_)):-
(G_X1 < 200 -> G_X2 := G_X1,
G_X1:=G_X1-1), draw2.
win_func(key_down(38,_)):-
(G_Y1 < 300 -> G_Y2 := G_Y1,
G_Y1:=G_Y1-1), draw2.
win_func(key_down(40,_)):-
(G_Y1 < 300 -> G_Y2 := G_Y1,
G_Y1:=G_Y1+1), draw2.
win_func(paint):- draw.
draw:-
P1:=G_X1*3,
P2:=G_Y1*3,
ellipse(P1, P2, P1+10, P2+10).
draw2:-
update_window(_),
fail.
2. Logika Program
Setelah
pada saya memberikan listing program ASCII,
sekarang saya coba menguraikan maksud pada listing diatas, adapun pengertian
perintah perintah yang ada pada listing, sebagai berikut ;
?-
G_X1:=0,
G_X2:=G_X1,
G_Y1:=0,
G_Y2:=G_Y1,
=> Perintah yang Di gunakan untuk membuat
titik koordinat dan pengisian variable pertama kali.
window(_,_,win_func(),"Faris
Berhasil ASCII",500,200,300,300).
=> Perintah yang Digunakan untuk membuat
sebuah jendela output yang tampil pada Desktop. Saya memberi ukuran window
300x300 dan jarak antara pinggir layar/desktop ke tampilan output pada
koordinat 500 ke samping dan 200 ke bawah, dan saya beri nama dengan “Faris Berhasil ASCII”.
win_func(key_down(39,_)):-
(G_X1 < 200 -> G_X2 := G_X1,
G_X1:=G_X1+1), draw2.
=> Perintah
yang Digunakan untuk membuat agar titik merah tersebut dapat digerakkan “ke kanan” menggunakan keyboard
win_func(key_down(37,_)):-
(G_X1 < 200 -> G_X2 := G_X1,
G_X1:=G_X1-1), draw2.
=> Perintah
yang Digunakan untuk membuat agar titik merah tersebut dapat digerakkan “ke kiri” menggunakan keyboard
win_func(key_down(38,_)):-
(G_Y1 < 300 -> G_Y2 := G_Y1,
G_Y1:=G_Y1-1), draw2.
=> Perintah
yang Digunakan untuk membuat agar titik merah tersebut dapat digerakkan “ke atas” menggunakan keyboard
win_func(key_down(40,_)):-
(G_Y1 < 300 -> G_Y2 := G_Y1,
G_Y1:=G_Y1+1), draw2.
=> Perintah
yang Digunakan untuk membuat agar titik merah tersebut dapat digerakkan “ke bawah” menggunakan keyboard
win_func(paint):- draw.
draw:-
P1:=G_X1*3,
P2:=G_Y1*3,
ellipse(P1, P2, P1+10, P2+10).
draw2:-
update_window(_),
fail.
Perintah yang Digunakan untuk membuat titik tersebut
dapat bolong ditengah.
3. Output Program
Tampilan pada saat di RUN :
Lalu
ketika sobat menggerakan titik merah tersebut dengan menekan tombol (arah) pada
keyboard, maka titik merah tersebut akan berpindah pindah . seperti gambar
dibawah :
(gambar setelah menekan
tombol arah)
Mungkin itu saja penjelasan Mengenai Bagaimana Cara Membuat ASCII Menggunakan Strawberry
Prolog dari apa yang telah saya pelajari di Lab Tehnik Informatika
Gunadarma Mata Kuliah Pengantar
Kecerdasan Buatan, semoga bermanfaat.. terima kasih.. ^^
0 Response to "Membuat ASCII (Membuat Kursor Bergerak ke Segala Arah) Menggunakan Strawberry Prolog"
Post a Comment