. Membuat Program Syarat Menjadi Atlet Menggunakan Delphi 7 - Berbagi Pengetahuan

Membuat Program Syarat Menjadi Atlet Menggunakan Delphi 7




Assalamu’alaikum…

            Saya ingin berbagi Pengalaman saya lagi nih mengerjakan laporan dari Laboratorium TI di Gunadarma, dari sebelumnya saya telah memberikan tutorial Membuat Program dengan VB 6 (Cara Membuat Kalkulator Sederhana) dan dan berbagai macam program Delphi 7 , nah sekarang saya ingin memberikan tutorial nih menggunakan Delphi 7 . Namun kali ini saya ingin mengajarkan Tutorial Menggunakan Delphi 7  tentang Membuat Program Syarat Menjadi Atlet dalam bentuk Laporan Lab TI saya dikampus . Oke langsung saja ya Tutorial Cara Membuat Program Syarat Menjadi Atlet pada Program Delphi 7 ini..


 LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM


MATA PRAKTIKUM           : ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

KELAS                                   : 1IA13

PRAKTIKUM KE-                : 2

TANGGAL                            : 21 MARET 2012

MATERI                                 : Membuat Program Syarat Menjadi Atlet

NPM                                       : 54411827

NAMA                                    : Muhammad  Faris Al Fatih

NAMA KETUA ASISTEN     :

NAMA ASISTEN                  :

PARAF ASISTEN                 :

JUMLAH LEMBAR              :  7  LEMBAR





LABORATORIUM INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012


Bab 1.
Listing Program

  
          1.  Button 1

Lihat Gambar:

Lanjutannya :


Lihat Gambar:

          2. FORM  1


Lihat Gambar:

Bab 2.
Logika Program

        1.  Analisa Progam

            Pada program yang saya buat, yang berjudul “SYARAT MENJADI ATLET”, membicarakan tentang Output yang di hasilkan agar berhasil menjadi atlet melalui persyaratan yang telah di tentukan dalam form, nah program itu sendiri yang saya buat yang ketika di running akan menghasilkan output yang memunculkan kata-kata yang sama halnya seperti apa yang kita tulis. Disini saya menggunakan beberapa menu yang ada pada toolbar program Delphi, yaitu : Label,Edit dan Comand Button. Dan di form yang saya buat ini seperti yang saya beri tahu di atas saya beri judul dengan nama “SYARAT MENJADI ATLET”.

        2. Penjelasan Program

Berikut penjelasan program yang saya buat, meskipun sederhana . ok langsung saja saya akan menjelaskan langkah-langkahnya . Pertama saya akan membuat 9 label, nah dimana satu untuk menuliskan judul form dan yang lainnya menulisakan ‘nama-nama’ data yang akan kita isikan yaitu nama, tinggi, umur, berat badan, dan hasil yang mana label itu dimunculkan kembali pada label nama, tinggi, umur dan berat badan di bawahnya dan di cetak melalui tombol button yang bertuliskan “OK” lalu output akan di keluarkan melalui “HASIL” apakah tulisannya berhasil atau tidak . dengan menggunakan tool Label  . Setelah itu saya akan membuat 3 edit text dengan tool  (edit) untuk mengisikan data yang ingin kita tampilkan pada form.Setelah itu kita buat 9 label kembali untuk output-an yang akan muncul saat di running. Setelah semua label terpenuhi, kita berikan 1 Command Button dengan menggunakan tool  .
.

              Pada Command Button pertama kita namakan ‘OK’ dan diberikan sintaks pada Command Button tersebut agar ada perintah pada saat di running, sintaksnya yaitu :

Label4.Caption:=Edit1.Text;
edit1.Text:='';
Label5.Caption:=Edit2.Text;
edit2.Text:='';
Label9.Caption:=Edit3.Text;
edit3.Text:='';
Label10.Caption:=Edit4.Text;
Label6.Caption:= 'SELAMAT ANDA LULUS TES MENJADI ATLET';
end
else if (StrToInt(Edit2.Text)<165) then
begin
Label4.Caption:=Edit1.Text;
edit1.Text:='';
Label5.Caption:=Edit2.Text;
edit2.Text:='';
Label9.Caption:=Edit3.Text;
edit3.Text:='';
Label10.Caption:=Edit4.Text;
Label6.Caption:= 'MAAF, ANDA BELUM BERHASIL';
end
else if StrToInt(Edit4.Text)<65 then
begin
Label4.Caption:=Edit1.Text;
edit1.Text:='';
Label5.Caption:=Edit2.Text;
edit2.Text:='';
Label9.Caption:=Edit3.Text;
edit3.Text:='';
Label10.Caption:=Edit4.Text;
Label6.Caption:= 'SELAMAT ANDA LULUS TES MENJADI ATLET';
end

else
begin
Label6.Caption:= 'MAAF,BERAT BADAN ANDA LEBIH DARI 60kg';
  
Bab 3.
Output


Lihat Gambar:

Jika berhasil :


Lihat Gambar:

Jika tidak sesuai dengan apa yang di inginkan :


Lihat Gambar:
             Sekian yang bisa saya berikan sedikit informasi nih tentang Membuat Program Sederhana Syarat Menjadi Atlet dari Program Delphi 7.. Semoga Tutorial ini bermanfaat ya buat kalian.. Good Luck..  :D

Wassalamu'alaikum..



Download Delphi 7 : Disini, Disini atau Disini

Download Document Lengkap VB6 dan Delphi 7 : Disini

Jika Menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email sobat. Akan dapat Update artikel dari blog ini, "GRATISS!!"

0 Response to "Membuat Program Syarat Menjadi Atlet Menggunakan Delphi 7"

Post a Comment