23/01/13

Bagaimana Cara Menghapus Virus Shortcut Di Komputer ?

 Assalamu’alaikum…

            Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang cara menghapus virus shortcut. Mungkin kalian ada yang sudah tau apa sih virus shortcut itu ? virus shortcut adalah virus dalam bentuk Shortcut-shortcut yang muncul kembali meski sudah dihapus ini sangat berbahaya dan bisa merusak sistem kerja komputer anda jika terus menerus dihiraukan.

            Dengan cara ampuh menghapus virus shortcut ini, kalian dapat menghindari bahaya instal ulang PC, karna akan menghapus semua data berharga kalian. Selain itu, kalian juga dapat meningkatkan performance komputer dan laptop. Nah dari pada itu dari pada saya bicara terus menerus :P, mending langsung disimak aja ya.. :

            Untuk melakukan penghapusan virus shortcut dengan baik, kalian perlu mengetahui dulu, bagaimana sebenarnya virus shortcut ini menginfeksi komputer kalian. Berikut pengetahuan yang perlu kalian tu sebelum mengetahui cara menghapus virus shortcut :

1.         Hal yang pertama dilakukan virus ini begitu menginfeksi adalah membuat base dalam My Document. File base nya bernama database.mdb.

2.         Virus ini kemudian akan membuat file file autorun.inf di setiap partisi termasuk flashdisk yang tertancap.

3.         Kemudian virus ini akan membuat file thumb.db (file asli dari komputer bernama thumbs.db)

4.         Berikutnya, virus ini membuat file Microsoft.ink yang bila di eksekusi, akan langsung mengaktifkan virus.

            Jika komputer kalian telah terjangkit virus ini, pada task manage akan terlihat ada proses wscript.exe sedang berjalan. Seharusnya, tidak ada proses ini dalam keadaan komputer normal. Memang cukup mudah mengidentifikasi adanya virus dibandingkan dengan membersihkan dan merecover file yang telah terinfeksi.

Langkah Langkah untuk Membasmi Virus Shortcut

            Setelah mengetahui cara virus menginfeksi, sekarang saatnya mengetahui cara menghapus virus shortcut agar kinerja yang baik bisa didapatkan kembali :

1.         Langkah pertama dalam cara menghapus virus shortcut adalah mematikan System Restore  di komputer kalian.

2.         Matikan proses yang sedang dijalankan oleh virus: wscript.exe menggunakan Process Explorer atau dengan software HijackThis. (Download software Disini)

3.         Hapus file database.mdb di My Document

4.         Hapus semua file yang telah diduplikat virus.

            Langkah terakhir dalam menghapus virus shortcut adalah menghapus semua file autorun.inf yang telah dipasang virus di setiap partisi. Anda dapat melakukan ini dengan software HijackThis.

            Langkah-langkah diatas merupakan langkah dasar tentang Bagaimana Cara Menghapus Virus Shortcut di komputer ? . Namun cara ini juga dapat digunakan sebagai cara menghapus virus shortcut di flashdisk karena pada dasarnya flashdisk terinfeksi firus ini akibat terkoneksi dengan komputer bervirus. Cara menghapus virus shortcut  untuk flashdisk tidak berbeda dengan langkah yang digunakan untuk menghilangkan virus shortcut di komputer.

            Setelah anda bisa terbebas dari virus-virus shortcut yang menggangu, kalian dapat melakukan berbagai aktifitas di komputer dengan lebih nyaman dan aman. Memang mencegah virus untuk tidak menyerang komputer tidak semudah yang dibayangkan. Kontak dengan internet maupun flashdisk yang terinfeksi bisa menjadi jalan dari virus-virus penggangu. Oleh karena itu, selain mempelajari cara menghapus virus shortcut, kalian perlu juga memproteksi komputer dengan program antivirus yang handal dan terpercaya. Dengan demikian, komputer kalian memiliki ketahanan yang lebih untuk menghadapi serangan virus dan worm.  Sekarang kalian tidak perlu lagi pergi ke service komputer untuk sekedar membersihkan komputer dari virus karena kalian telah mengetahui cara menghapus virus shortcut yang akan membantu kalian terbebas dari gangguan virus-virus shortcut yang menggangu kinerja komputer kalian.

            Mungkin itu saja berbagi pengetahuan tentang Bagaimana Cara Menghapus Virus Shortcut di komputer . apabila ada kata kat yang salah dan kurang berkenan mohon dimaafkan.. semoga artikel diatas bermanfaat.. terima kasih atas kunjungannya.. ^^

Sassalamu’alaikum..



Baca Selengkapnya Disini 

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan sobat berkomentar/memberikan kritik/saran/pertanyan di dalam kotak komentar yang tersedia.

Terima Kasih telah berkomentar yang baik dan telah berkunjung di Blog Berbagi Pengetahuan ini.. Tetap Semangat.. ^^

Related Posts :

Hosting Gratis